Jika Anda mencoba mengendalikan kemarahan dengan lebih baik, Anda mungkin bisa memilih jalan keluar yang sehat. (Foto Ilustrasi: Mustafa Ezz/Pexels)
Jika Anda mencoba mengendalikan kemarahan dengan lebih baik, Anda mungkin bisa memilih jalan keluar yang sehat. (Foto Ilustrasi: Mustafa Ezz/Pexels)

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Rona psikologi
Raka Lestari • 22 Mei 2019 13:21
Para ahli mengatakan bahwa kemampuan membaca situasi, memahami situasi, serta merespons emosi dalam diri sendiri dan orang lain adalah faktor penting. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional.
 
Jakarta: Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk membaca perasaan secara naluriah dan juga perasaan orang lain. Kecerdasan emosional juga memungkinkan seseorang untuk memahami dan mengidentifikasi suatu emosi yang dirasakan serta mengekspresikan dan mengaturnya. Namun banyak orang yang masih sering merendahkan kecerdasan emosional mereka.
 
Kecerdasan emosional adalah hal yang penting. Para ahli mengatakan bahwa kemampuan membaca situasi, memahami situasi, serta merespons emosi dalam diri sendiri dan orang lain adalah faktor penting. Dalam artian memprediksi kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan secara pribadi dan profesional. Mungkin saja Anda perlu melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Robin Stern, associate director di Yale Center for Emotional Intelligence punya saran mengenai kecerdasan emosional ini. Menurutnya, sejak usia dini, anak-anak harus diajari bagaimana cara mengenali emosi mereka, memahami apa arti emosi itu, serta mengidentifikasi secara akurat apa yang mereka rasakan untuk mengekspresikan dan mengelola diri mereka sendiri.
 
Sedangkan untuk orang dewasa, menurut Sara Canaday, seorang pembicara dan penulis buku mengenai kepemimpinan, menyarankan untuk melakukan rencana dalam hidup termasuk tujuan-tujuan hidup yang spesifik.
 
"Pilih satu atau dua hal yang ingin Anda kembangkan dan cobalah untuk berdiskusi dengan ahli di bidang tersebut mengenai cara untuk memulainya dan mewujudkan apapun faktor kecerdasan emosional yang sedang coba Anda kembangkan," ujar Canaday.
 
Jika Anda mencoba mengendalikan kemarahan dengan lebih baik, Anda mungkin bisa memilih jalan keluar yang sehat seperti yoga, meditasi, atau tinju. Untuk meningkatkan kecerdasan emosional, Canaday juga menyarankan Anda untuk bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki pemikiran berbeda dengan Anda.
 
"Penting untuk bersikap aktif dalam meningkatkan kecerdasan emosional Anda. Jika Anda terus menerus dikelilingi dengan orang-orang yang selalu setuju dengan pemikiran Anda, maka Anda akan mendengar nasihat yang sama. Pemikiran Anda pun tidak akan tumbuh dan berkembang sehingga Anda pun tidak belajar untuk memiliki perspektif yang terbuka," terang Canaday.
 
Resiko Penyakit di Usia 30-an

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif