Empat Manfaat jika Anak-anak Dekat dengan Kakek dan Neneknya
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kakek dan nenek memiliki peran yang penting dalam kehidupan cucu-cucu mereka di masa mendatang. 

"Kakek dan nenek memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada cucu mereka dengan memiliki hubungan yang dekat, seperti kebijaksanaan, pengetahuan, saling memahami antar generasi, serta hubungan emosional yang kuat yang berbeda dengan hubungan emosional dengan orang tua, meskipun keduanya sama penting untuk perkembangan emosional baik cucu dan kakek-nenek, "ujar Dr Carol Atkinson, PhD, LMFT, seorang psikoterapis berlisensi, dilansir dari Romper.

Selain hal diatas, inilah manfaat yang didapat jika anak-anak memiliki hubungan yang dekat dengan kakek dan nenek.


1. Masalah emosi dan perilaku yang lebih rendah 

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Oxford menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kedekatan dengan kakek-nenek mereka memiliki masalah dalam hal  emosi dan perilaku yang lebih rendah daripada anak-anak yang tidak memiliki kedekatan dengan kakek-nenek mereka. Mungkin mengejutkan bagi beberapa orang, tetapi kakek-nenek benar-benar dapat memengaruhi hidup dalam beberapa cara yang berbeda.

2. Lebih sedikit gejala depresi

Sebuah studi pada 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Social Issues menemukan bahwa orang dewasa dengan ikatan yang lebih kuat dengan kakek-nenek mereka mengalami "gejala depresi" yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak, terutama jika mereka juga dekat dengan orang tua mereka.

3. Tingkat percaya diri yang lebih tinggi

Menurut Atkinson, tidak memiliki hubungan yang dekat dengan kakek dan nenek bisa membuat sesorang menilai rendah pada diri mereka sendiri dan juga memiliki rasa percaya diri yang lebih rendah. 

4. Perantara dengan orang tua

New York Times News Service  melaporkan bahwa anak-anak yang tidak dekat dengan kakek-nenek sebenarnya memiliki hubungan yang lebih sulit dengan orang tua mereka sendiri. Kakek-nenek dapat bertindak sebagai perantara,  memberi Anda saran, dan membantu Anda dan orang tua Anda ketika sedang memiliki masalah dengan orang tua. Namun, jika Anda tidak memiliki hubungan dengan mereka, itu mungkin membuat hal-hal sedikit lebih sulit. 


Lihat video:


 



(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id