(Jaringan pertemanan di tempat kerja tingkatkan produktivitas. Foto: Pixabay.com)
(Jaringan pertemanan di tempat kerja tingkatkan produktivitas. Foto: Pixabay.com)

Menjalin Persahabatan di Kantor Tingkatkan Produktivitas Kerja?

Rona keluarga
Dhaifurrakhman Abas • 25 April 2019 12:00
Tidak ada salahnya menjalin persahabatan di tempat kerja. Sebabnya, hubungan erat dengan rekan di kantor mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan.
 
Jakarta:
Mungkin tidak semua orang memiliki teman baik di tempat kerja. Pertemanan yang dijalin biasanya hanya sekadar batas hubungan profesional saja, tidak lebih.
 
Terlepas dari apapun alasannya, sebetulnya menjalin hubungan yang terbatas di tempat kerja tidak ada salahnya. Namun, menjalin ikatan erat dengan sesama rekan kerja di kantor, nampaknya juga membikin untung. Bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini diungkapkan melalui sebuah studi yang diteliti Rutgers University di New Jersey. Tim peneliti melakukan riset dengan menguji 168 orang karyawan di sebuah perusahaan yang tak disebutkan.
 
“Kami mengubah pengaturan tempat duduk mereka untuk sementara waktu. Sehingga mereka dapat berinteraksi lebih baik dengan karyawan lain dari tim yang berbeda,” kata pemimpin penelitian, Jessica Methot, dilansir Times of India.
 
Selanjutnya, para peserta diminta untuk menyebutkan sepuluh kolega yang akan mereka dekati terkait pekerjaan dan sepuluh rekan kerja yang mereka pilih menjadi teman baik di kantor. Peserta penelitian juga diberikan pertanyaan terkait dengan bagaimana kondisi lingkungan kerja serta faktor yang membuat mereka menjadi emosional di kantor.
 
“Setelah empat hingga enam minggu, kami meminta para manajer peserta ini untuk menilai kinerja mereka,” ujar Methot.
 
(Baca juga: Wajarkah Menangis di Tempat Kerja?)
 
Yang menarik, karyawan yang memiliki banyak teman dikaitkan dengan peningkatan produktivitas kerja. Apalagi ketika mereka dihadapkan pada jaringan pertemanan baru yang selalu menarik.
 
Meski begitu, Methot bilang, alasan yang mendasari produktivitas kerja karyawan meningkat, lantaran pertemanan membuat mereka bisa mencurahkan ekspresi. Selain itu jaringan pertemanan membuat peserta merasa bisa saling mencari solusi ketika dihadapkan dengan masalah pekerjaan yang rumit.
 
“Lebih lagi, ketika mereka meminta bantuan tanpa takut dihakimi,” beber dia.
 
Methot juga bilang, produktivitas meningkat karena jaringan pertemanan mampu membuat suasana hati menjadi baik lebih. Jaringan pertemanan juga membuat para pekerja bisa saling berbagi informasi internal maupun informal.
 
Meski begitu, memiliki banyak teman di kantor juga memiliki kelemahan tersendiri. Menurut Methot, karyawan lebih mungkin menjadi lelet dalam bekerja dan mengambil waktu istirahat yang lebih banyak, ketika mereka memiliki banyak kolega.
 
Selain itu, ikatan yang erat dengan rekan kerja juga dapat menyebabkan stres dan saling dengki pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saja saat terjadi rotasi pekerjaan maupun promosi jabatan.
 
“Namun, lebih banyak nilai positifnya. Kesimpulannya, membuat ikatan erat dengan kolega mungkin bisa menguras emosi tetapi secara keseluruhan itu membantu untuk meningkatkan produktivitas seseorang,” tandasnya.
 

 

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif