Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah menjalankan sahur dengan benar. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)
Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah menjalankan sahur dengan benar. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)

Tips dan Trik agar Puasa Lebih Nyaman

Ramadan tips ramadan
Kumara Anggita • 14 Mei 2019 16:30
Saat berpuasa, kita harus bisa memilah makanan yang benar. Baik saat sahur, maupun ketika berbuka. Tak hanya itu, waktu saat sahur juga harus diperhatikan. Sebab banyak yang makan saat sahur jauh dari waktu imsak.
 
Jakarta: Menahan lapar dan haus dalam jangka waktu panjang bukanlah hal yang mudah. Seringkali badan dan mood jadi tidak nyaman.
 
Jangan sampai perasaan tidak nyaman tersebut menganggu ibadah puasa Anda. Karena itu, untuk mempermudah prosesnya, lakukan tips dan trik yang bisa Anda terapkan selama berpuasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah menjalankan sahur dengan benar. Ini artinya, Anda harus memilih makanan dengan komposisi dan porsi yang tepat yang terdiri dari karbohidrat kompleks, lauk pauk dari protein hewani dan nabati, sayuran, serta buah-buahan.
 
Selain itu, minum dan waktu sahur juga harus diperhatikan. Anda harus minum air putih yang banyak dan sahur dengan waktu yang tepat yaitu tidak terlalu jauh dari waktu imsak.
 
Anda juga jangan sampai kekurangan vitamin. Cukupi kebutuhan vitamin dari makan-makanan yang Anda makan saat sahur.
 
“Dengan makanan yang cukup, vitamin kita terpenuhi. Saran saya dari makanan kita sehari-hari,” ujar Spesialis Gizi dr Zairida Noor, Ms, SpGK.
 
Jika Anda merasa konsumsi Anda sehari-hari tak mencukupi kebutuhan vitamin Anda, boleh-boleh saja untuk mencoba suplemen. Namun konsumsilah dengan kadar yang secukupnya. Dan konsumsilah vitamin C saat sahur agar menyegarkan Anda.
 
“Kalau misalnya mau konsumsi suplemen, yang harus diperhatikan jangan berlebihan paling yang sesuai dengan kebutuhan kita,” ujar dr Zairida.
 
Selain manajemen waktu dan makanan, Anda juga jangan melewatkan tidur yang cukup. Tidur yang berantakan akan membuat Anda lapar.
 
“Kalau tidur kurang otomatis saat puasa kita merasa lapar karena sinyal ngantuk dan lapar mirip,” sambungnya.
 
Karena itu, tidurlah yang cukup dan Anda bisa mensiasatinya dengan tidur siang. Sehari setidaknya Anda tidur enam jam sementara anak-anak delapan jam.
 
“Kalau kita sahur makanan akan diabsorbsi oleh tubuh dalam waktu 8-12 jam. Itu bisa kita pakai dengan tidur singkat. Dengan ini otomatis membatasi pengeluaran energi tubuh kita,” jelas dr Zairida.
 
Selain itu, dokter Zairida juga membagi tips puasa untuk anak-anak dengan cara ngemil. Ini bisa dilakukan orang tua saat sebelum tidur dan menyediakan takjil yang sehat.
 
“Supaya tercukupi, sama seperti orang dewasa kurang lebih, cuma anak-anak kan lambungnya lebih kecil ya, makanya kalau makan tak bisa banyak-banyak. Sediakan waktu ngemil,” katanya.
 
“Salah satu waktu ngemil ditambahin sebelum tidur. Siasati juga dengan takjil yang bergizi bisa buah, pudding dari susu,” katanya.
 
PuasaPedia - Ngabuburit

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif