Tips Hindari Kebocoran Tabung Gas Saat Ditinggal Mudik
Ilustrasi. Seorang petugas memperagakan cara mengoperasikan kompor gas menggunakan tabung gas LPG 3 kg. Foto: Antara/Muhammad Hamzah
Jakarta: Musim mudik memang sudah dimulai sejak kemarin, Jumat, 8 Juni 2018, namun alangkah baiknya untuk tetap waspada dan mengantisipasi supaya rumah tetap aman ketika berpergian.

PT Pertamina (Persero) menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman. Hal tersebut adalah memperhatikan keadaan dapur, terutama tabung gas elpiji.


"Kita juga tips mudik lancar yaitu mengamankan LPG dalam posisi off," kata Pelaksana Tugas Pertamina Nicke Widyawati seperti diberitakan Sabtu, 9 Juni 2018.

Baca: Overheating, Masalah Paling Banyak Dihadapi Pemudik Mobil

Pertamina menyebutkan agar aman saat mudik setidaknya memperhatikan empat hal berikut:

1. Cek kompor apakah dalam keadaan mati. 

Mengecek keamanan dapur dengan memastikan kompor dalam keadaan mati sering terlupakan ketika musim mudik tiba. Sebagian besar pikiran fokus dan terkonsentrasi pada aktivitas menjelang mudik sehingga lupa untuk mengecek hal kecil seperti ini. Jangan sampai rumah terbakar karena belum memastikan kompor dalam keadaan mati sebelum mulai perjalanan mudik.

2. Pastikan tidak terjadi kebocoran elpiji

Setelah mengecek keadaan kompor, tabung elpiji juga butuh perhatian khusus. Jangan sampai ada kebocoran pada tabung atau selang. Serta usahakan mencabut regulator dari tabung gas.

3. Taruh elpiji di tempat terbuka yang aman dan teduh

Menaruh elpiji di tempat terbuka juga sangat penting. Tidak hanya saat mudik saja, tetapi seharusnya dilakukan setiap hari. Hal itu karena berat jenis elpiji lebih berat dari udara maka jika terjadi kebocoran akan bisa terbawa langsung oleh udara.

4. Jangan lupa mematikan aliran listrik 

Terakhir, jangan lupa mematikan listrik. Mematikan aliran listrik sangat penting selain untuk berhemat juga untuk mencegah adanya konsleting arus listrik.



(DMR)