Jika ingin makan makanan yang mengandung protein sebaiknya saat berbuka puasa. (Foto Ilustrasi: Mustafa Ezz/Pexels)
Jika ingin makan makanan yang mengandung protein sebaiknya saat berbuka puasa. (Foto Ilustrasi: Mustafa Ezz/Pexels)

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa

Ramadan tips ramadan
Raka Lestari • 13 Mei 2019 14:30
Saat berpuasa, kita harus pintar menjaga kebersihan gigi dan mulut. Salah satu caranya adalah dengan memerhatikan apa yang kita konsumsi saat sahur dan ketika berbuka puasa.
 
Jakarta:
Selama puasa, kebersihan gigi dan mulut tidak boleh terlupakan. Hal ini tentunya sangat penting mengingat jika kebersihan gigi dan mulut tidak dirawat dengan baik, bisa menimbulkan beberapa keluhan.
 
Salah satunya adalah bau mulut saat sedang berpuasa. Sementara untuk merawat kebersihan gigi dan mulut, tidak cukup hanya menyikat gigi saja. Tetapi juga perlu menggunakan pembersih mulut untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang menempel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Prof Dr.drg. Melanie Sadono, pakar kesehatan gigi dan mulut, pada saat berpuasa yang terpenting adalab menjaga asupan gizi yang seimbang. Baik itu asupan karbohidrat, protein, dan lemak harus seimbang.
 
"Nah yang perlu diperhatikan adalah kalau lemak atau karbohidrat itu pemecahannya tidak terlalu menghasilkan sesuatu yang berbau seperti protein. Maka yang perlu diperhatikan di sini adalah makanlah makanan yg berserat seperti buah-buahan sayur-sayuran," ujar Prof Melanie.
 
Lebih lanjut, Prof Melanie menyarankan jika ingin makan makanan yang mengandung protein sebaiknya saat berbuka puasa. Hal itu dilakukan agar protein tidak pecah di mulut sehingga pecah di dalam perut.
 
"Saat berbuka, setelah makan makanan manis bolehlah kita megonsumsi protein namun tetap setelahnya harus membersihkan rongga mulut dan berkumur," terangnya.
 
Sementara pada saat sahur, Prof Melanie juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung protein.
 
"Sikat gigi setelah kita sahur dan pada waktu berbuka sebelum tidur. Lakukan sikat gigi dengan cara yang benar yaitu seluruh permukaan tersikat dan gusi serta lidah juga disikat," tegasnya.
 
Membersihkan gigi setelah sahur terkadang menjadi salah satu kebiasaan yang terlupakan, karena terkadang banyak orang yang setelah sahur langsung kembali tidur. Padahal setelah sahur perlu membersihkan gigi agar kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa selama kurang lebih 12 jam bisa tetap terjaga.
 
Prof Melanie juga menyarankan agar ketika berbuka puasa mengonsumsi buah seperti kurma, sebab kurma kaya akan serat. Hal ini karena selain tubuh dapat langsung mendapatkan energi tambahan tetapi juga dengan serat yang berasal dari buah-buahan atau sayuran dapat membantu membersihkan dan menjaga kesehatan rongga mulut Anda.
 
Perlukah Konsumsi Suplemen Vitamin Selama Berpuasa?

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif