Lakukan Ini agar Mag Tidak Mengganggu Puasa Anda
Memiliki sakit mag tidak menjadikan penghalang ketika menjalani ibadah puasa. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)
Jakarta: Memiliki sakit mag tidak menjadikan penghalang ketika menjalani ibadah puasa. Karena ada tips praktis agar puasa Anda tetap bisa berjalan lancar.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, seorang dokter umum yang juga merupakan konsultan kesehatan dari website sebuah jasa online.


"Memiliki sakit mag tetap bisa menjalankan ibadah puasa, beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti mengonsumsi buah dan sayur saat sahur. Sayur dan buah membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa," ujar dr. Dyah.

Selain itu tips lainnya menurut dokter yang ramah ini adalah hindari langsung tidur setelah makan sahur. "Ini karena tidur setelah makan sahur dapat memicu peningkatan asam lambung dan memicu GERD (Gastroesophageal reflux disease)-Sebuah penyakit pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan."

(Baca juga: Keluhan Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa)

Dr. Dyah juga mengatakan untuk langsung berbuka puasa ketika waktunya tiba, jangan menunda-nunda.

"Sebaiknya saat waktu berbuka makanlah makanan yang manis dan sehat seperti kurma dan tidak berlebihan. Makanlah bertahap dan perlahan. Serta hindari makanan lemak tidak jenuh seperti goreng-gorengan dan makanan bersantan."

"Alasannya karena makanan yang mengandung lemak tak jenuh tidak mudah dicerna di dalam tubuh, dan asam lemak tak jenuh dapat meningkatkan asam lambung di dalam tubuh dan memperparah sakit mag yang Anda alami," paparnya lagi.

Ia juga mengingatkan untuk tidak makan makanan yang pedas dan asam bagi penderita mag saat berbuka puasa.

"Makanan pedas bisa mengiritasi kondisi lambung yang sudah teriritasi. Makanan yang asam seperti sayur asam, makanan (dengan campuran) cuka, atau asinan juga sebaiknya dihindari karena asam bisa meningkatkan peningkatan asam lambung," tambahnya lagi.

"Jika kondisi mag Anda kronis Anda dapat mengonsumsi obat pada saat sahur dan berbuka atau berkonsultasi dengan dokter Anda agar ibadah puasa Anda lancar," pesan dr. Dyah.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id