Suasana buka puasa di Vihara Dharma Bakti, Jakarta. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
Suasana buka puasa di Vihara Dharma Bakti, Jakarta. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)

Semarak Buka Puasa di Vihara Dharma Bakti

Ramadan Ramadan 2019
Ilham Pratama Putra • 14 Mei 2019 18:05
Jakarta: Semarak Ramadan tak hanya milik umat muslim. Euforia bulan suci juga hinggap di benak warga Tionghoa Tanah Air.
 
Satu di antaranya berlangsung di Vihara Dharma Bakti, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat. Setidaknya puluhan umat Tionghoa, ikut serta menyediakan buka puasa gratis di rumah ibadah mereka.
 
"Kita perkumpulan umat Vihara secara sukarela, relawanlah kita sebutnya. Tiap hari, ada 30 relawan. Sepulang kita kerja, langsung kesini menyiapkan takjil dan buka puasa," kata salah seorang Relawan, Lucas Tjang, di lokasi, Selasa, 14 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Takjil dan buka puasa ini disediakan oleh relawan Vihara Dharma Bakti untuk umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Bagi Lucas, ini adalah cara menjaga hubungan antarumat beragama.
 
"Kita prioritaskan untuk umat muslim. Terbuka untuk semua juga sebenarnya. Karena Ramadan, bulan kebaikan harus dirasakan oleh semua orang. Semoga dengan ini jadi pemersatu kita," ujarnya.
 
Semarak Buka Puasa di Vihara Dharma Bakti
Salah satu sajian menu buka puasa di Vihara Dharma Bakti. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
 
Menu yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari es buah, sirup, teh manis, hingga nasi kuning lengkap dengan sayur, dan ayam goreng.
 
Menu tersebut terhidang atas inisiatif relawan sendiri. Ada yang dimasak langsung oleh relawan. Adapula yang sengaja dibeli dari pedagang sekitar Vihara.
 
Lucas menyebut, selama Ramadan para relawan selalu menyediakan 300 porsi takjil dan buka puasa. Sejauh ini dia melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi.
 
"Kalau kita lihat, ya ada masyarakat sekitar sini dan yang sekedar lewat untuk batal puasa juga mungkin ya. Ada ibu-ibu, anak-anak, ya intinya tiap hari pasti habis," kata Lucas.
 
Hidangan yang telah dipersiapkan sejak pukul 16.00 akhirnya siap untuk disantap. Para warga mulai berdatangan pada pukul 17.00 WIB dengan raut suka cita, sembari menunggu azan magrib berkumandang.
 
Semarak Buka Puasa di Vihara Dharma Bakti
Suasana meja menu berbuka puasa di Vihara Dharma Bakti. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
 
"Semua kita syukuri saja. Ini rezeki buat yang berpuasa, dan jadi amal untuk yang menyediakannya," kata salah seorang warga, Udin, yang mengaku selalu berbuka puasa di Vihara.
 
Takjil dan buka puasa gratis ini akan tersedia hingga 29 Mei 2019. Melihat semaraknya buka puasa antarumat, Lucas berharap dapat mendorong persatuan bangsa. Dia ingin kegiatannya dicontoh oleh umat lainnya.
 
"Ya semoga semua bisa mengikuti. Kita tunjukkanlah kita bisa bersatu dan bisa saling merangkul sesama umat beragama," pungkas Lucas.

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif