Jasa penukaran uang baru di Jalan Kartini Jepara.
Jasa penukaran uang baru di Jalan Kartini Jepara.

Jasa Penukaran Uang Baru di Jepara Sepi Peminat

Ramadan penukaran uang
Rhobi Shani • 12 Mei 2020 17:00
Jepara: Lebaran kurang dua pekan penjaja jasa penukaran uang baru mulai bermunculan di Jalan Kartini Jepara, Jawa Tengah. Minat warga menukarkan uang baru belum ramai.
 
Seorang penyedia jasa penukaran uang, Asyari, mengatakan dalam sehari ini hanya melayani tiga orang. Meski begitu nominal uang yang ditukarkan lumayan banyak.
 
“Awal-awal ini sedia Rp50 juta. Tapi tadi ada yang minta ditukar di rumah nilainya Rp20 juta,” ujar Asyari ditemui di Jalan Kartini Jepara, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asyari memperdiksi penukaran uang baru akan ramai sepekan jelang Lebaran. Informasi yang diterimanya, sejumlah bank tidak menyediakan loket penukaran uang baru pada masa pendemi virus korona covid-19.
 
“Saya sudah keliling bank-bank di Jawa Tengah tidak ada, ini saya dapat dari Jakarta,” kata Asyari, warga Kabupaten Demak yang mengaku sudah beberapa tahun terakhir menyediakan jasa penukaran uang di Jepara.
 
Asyhari menyediakan penukaran uang nominal mulai Rp2 ribu hingga Rp20 ribu. Setiap transaksi, Asyhari mengambil keuntungan 10 persen dari nominal uang yang ditukar.
 
“Kami ambil sepuluh persen untuk ganti jasa. Misal tukar Rp100 ribu dapatnya Rp90 ribu,” kata Asyari.
 
Seorang warga, Fatimah Putri, sengaja memilih jasa penukaran uang di tepi jalan. Ia enggan antre di bank. “Baru kali ini, karena di bank harus antre dan takut kalau harus berkerumun,” ujar Putri.
 
Kasi Ops Satpol PP Jepara, Supriyanto, mengatakan tidak ada larangan bagi jasa penukaran uang di tepi jalan. Meski begitu, pihaknya mengimbau agar mereka tak mengganggu ketertiban.
 
“Juga kami minta waspada dengan adanya kejahatan jalanan. Sebab uang yang mereka bawa jumlahnya cukup besar dan bisa jadi sasaran,” ujar Supriyanto.
 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif