Masjid Raya DKI Jakarta Hasyim Asyari tampak dari depan. MI/Ramdani.
Masjid Raya DKI Jakarta Hasyim Asyari tampak dari depan. MI/Ramdani.

Masjid Raya Hasyim Asy'ari Sediakan 250 Paket Takjil Gratis

Ramadan buka puasa masjid raya jakarta ramadan 2017
Whisnu Mardiansyah • 31 Mei 2017 20:09
medcom.id, Jakarta: Masjid Raya Hasyim Asyari menyiapkan makanan berbuka puasa (takjil) bagi masyarakat. Ramadan kali ini, merupakan Ramadan pertama untuk masjid agung yang diresmikan Presiden Joko Widodo itu.
 
Panitia Ramadhan Masjid Raya Hasyim Asy'ari Cahilbryan Abbiya mengatakan, ratusan paket takjil diperuntukkan bagi jamaah yang berbuka puasa di masjid yang terletak di bilangan Jakarta Barat itu. Terutama mereka yang mengikuti pengajian dan kultum sebelum berbuka.
 
"Untuk berbuka kita siapkan 250-500 paket berbuka puasa itu setiap hari," kata Cahil kepada Metrotvnews.com di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Rabu 31 Mei 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paket takjil terdiri dari beberapa makanan ringan yang dibagikan 15 menit menjelang buka puasa. Selain itu, panitia juga menyediakan makanan utama untuk berbuka puasa.
 
Dari pantauan Metrotvnews.com, acara buka puasa bersama di Masjid Raya Hasyim Asy'ari diadakan di sayap kiri luar masjid. Belum banyak jamaah yang memanfaatkan fasilitas buka puasa gratis ini.
 
Peserta buka puasa bersama didominasi anak-anak dan ibu-ibu. Di hari kelima ini, menu ayam goreng jadi kudapan utama untuk sajian berbuka.
 
15 April, Masjid Raya Hasyim Asy'ari diresmikan Presiden Joko Widodo. Jokowi didampingi Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan cucu KH Hasyim Asy'ari Salahuddin Wahid.
 

Masjid Raya Hasyim Asy'ari Sediakan 250 Paket Takjil Gratis
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan), Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (kedua kanan), cucu KH Hasyim Asy'ari KH Salahuddin Wahid (kedua kiri) (kedua kiri) dan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (kiri) meninjau Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari usai peresmian di Jakarta, Sabtu (15/4). ANT/Puspa Perwitasari.
 
Masjid K.H. Hasyim Asy'ari jadi masjid raya perdana yang dikelola Pemprov. Ide membangun masjid tercetus pada momen Idul Adha 2012. Kala itu, Jokowi yang masih menjabat gubernur DKI menilai Jakarta tidak punya masjid raya yang dikelola Pemprov.
 
Proses pembangunan masjid diteruskan oleh Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama pada 20 Juni 2013. Saat itu, Ahok masih menjabat Wakil Gubernur DKI.
 
Peresmiannya berbarengan dengan proyek Rumah Susun Pekasih yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Raya Hasyim Asy'ari. Sekitar Rp170 miliar kemudian digelontorkan untuk pembangunan. Pada Maret 2017, pembangunan masjid rampung.
 
Masjid Raya dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektare dengan luas bangunan 16.985,43 meter persegi. Masjid itu memiliki dua lantai dengan daya tampung diperkirakan mencapai 12.500 jemaah.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif