Cak Imin Lepas Seribu Pemudik
Ketum PKB Cak Imin melepas seribu pemudik/Medcom.id/Husen Miftahudin
Jakarta:Sekitar seribu pemudik diberangkatkan gratis menggunakan 20 bus dari Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat. Keberangkatan mereka dilepas langsung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Alhamdulillah tahun ini tali silaturahmi kita sambung kembali, baik silaturahmi antarkita bersama PKB maupun silaturahmi kita bersama seluruh keluarga di rumah. Semoga keberkahan, kebahagiaan, keselamatan menyertai kita semua," kata Cak Imin dalam sambutan pada pelepasan mudik bareng di Menteng, Jakarta, Pusat, Minggu, 10 Juni 2018.


Pendaftaran para peserta mudik dengan tema Cak Imin untuk Indonesia (CINTA) itu juga menggunakan mekanisme online. Kepala Kantor DPP PKB Mukhlisin menerangkan pendaftaran mudik gratis dibuka online sejak awal ramadan hingga 7 Juni 2018.

"Jadi ketika ada peserta yang daftar secara online dan (kursi bus) statusnya tersedia, maka dia harus nyetor KTP asli ke panitia. Bila dalam waktu 2x2 hari dia tidak menyerahkan, maka status dia menjadi gugur dan daftar tunggu berikutnya naik," jelas Mukhlisin.

KTP itu dijadikan sebagai jaminan pendaftar untuk benar-benar mengikuti mudik bareng. KTP dikembalikan pasa saat pemberangkatan.

Pihaknya berkaca pada gelaran serupa tahun-tahun sebelumnya. Pada saat pendaftaran, peserta memenuhi kuota yang disediakan. Sayangnya, para peserta tidak hadir lantaran tak adanya jaminan ketika pemberangkatan.

"Jaminan KTP dari para pendaftar agar ada kepastian dari mereka, jadi ini semua sebagai antisipasi kita," papar Mukhlisin.

Sebanyak 20 bus itu mengantarkan pemudik melalui 7 jalur. Surabaya via jalur utara, Surabaya melalui jalur selatan, Semarang, Rembang, Yogyakarta melewati jalur Purwokerto, Yogyakarta via jalur selatan, dan Wonogiri melalui jalur Solo.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id