Dishub DKI Jamin Kenyamanan Pemudik di Terminal
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan terminal di Ibu Kota nyaman bagi pemudik. Sebab, Dishub telah melakukan inspeksi ke sejumlah terminal.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan, Dishub akan memastikan ketersediaan tiga posko yang wajib disediakan di setiap terminal.


"Kami harus pastikan kalau di terminal itu, pertama pos keamanan," papar Andri di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu, 9 Juni 2018.

Andri menjelaskan, sebanyak 141 petugas keamanan akan berjaga di setiap terminal.  Mereka terdiri TNI-Polri, Satpol PP dan unsur masyarakat seperti Pramuka.

"Jumlahnya 141 Anggota, 78 berasal dari TNI-Polri sisanya dari Satpol PP, dan Dishub," ujar Andri.

(Baca juga: Masih Ada Bus tak Laik Jalan di Terminal Kampung Rambutan)

Selain itu, Dishub DKI Jakarta mengecek ketersediaan posko kesehatan. Hal itu guna memastikan awak armada dan sopir dalam kondisi baik saat mengendarai bus.

"Kita bekerja sama dengan dinas sosial untuk posko kesehatan ini. Kami juga adakan tes urine bagi awak armada bus yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Provinsi (BNP)," ungkap Andri.

Andri juga mengatakan, pihaknya akan mengecek posko uji kelaikan kendaraan (ramp check). "Hal ini tentu untuk menguji kelayakan kendaraan armadanya. Kami memastikan masyarakat aman, nyaman dan selamat dalam mengikuti kegiatan mudik dan arus balik 2018," pungkas Andri.

Andri bakal menginspeksi sembilan terminal di ibu kota. Kesembilan terminal yang akan dicek meliputi lima terminal utama dan lima terminal bantuan.

Empat terminal utama di antaranya Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres dan Tanjung Priok. Sementara untuk terminal bantuan terdiri dari Pinang Ranti, Grogol, Rawamangun, Muara Angke dan Lebak Bulus.

(Baca juga: BPJS Kesehatan Buka 8 Posko Mudik Lebaran)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id