Gubernur Diminta Melayani Kesehatan Pemudik
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek/MI/Mohamad Irfan
Jakarta:Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meminta setiap gubernur ikut melayani kesehatan pemudik. Surat edaran berupa permintaan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di jalur mudik dikirim ke masing-masing kepala daerah tingkat 1.

"(Surat) tentang penyelenggaraan fasyankes pada situasi khusus keagamaan," kata Nila saat Rapat Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Idulfitri di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Juni 2018.


Pemerintah pusat sudah menyiapkan peningkatan fasyankes menjadi 3.910 unit yang tersebar di seluruh wilayah. Masyarakat bisa memanfaatkan akses layanan kesehatan melalui sambungan telepon 119.

"Diharapkan gubernur koordinasikan pada bupati dan wali kota untuk menyediakan layanan kesehatan di jalur mudik dan wisata, dilengkapi fasilitas gawat darurat dengan evakuasi medik," tegas Nila.

Selama arus mudik, Dinkes tiap daerah diminta memeriksa kondisi kesehatan pengemudi bus AKAP.  Pengemudi yang berkendara lebih dari 4 jam menjadi sasaran mendeteksi kadar alkohol dan narkoba.

"Pemudik sebaiknya cukup istirahat, makanan sehat, dan melakukan peregangan. Pesan saya agar mudik sehat dan aman. Data tahun lalu kecelakaan lalu lintas lebih tinggi di non-tol daerah Tuban dan Nganjuk. Kita harus siap dalam layanan kesehatan di non-tol," beber Nila.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id