Bus di Terminal Kepuhsari Dipasangi Pengingat Kecepatan
Pemasangan speed alarm oleh petugas satlantas polres Jombang. (Foto: Nurul H)
Jombang:Satuan Lalu Lintas Polres Jombang Jawa Timur memasang alat pengingat batas kecepatan (speed alarm) untuk dua bus penumpang di Terminal Kepuhsari Peterongan, Jombang, Jatim.

Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan pemasangan alat itu merupakan program Dirlantas Polda Jatim dan diutamankan untuk bus.


"Pemasangan alat ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang armada bus serta sebagai pengingat agar awak bus lebih berhati-hati dalam memacu  kendaraaan," ujarnya saat memimpin langsung pemasangan speed alarm di terminal Kepuhsari, Selasa, 12 Juni 2018.

Ia menjelaskan fungsi dari alat tersebut yakni memonitor kecepatan bus saat melaju mulai titik terendah hingga batas maksimal.

"Untuk armada bus, batas kecepatan maksimal 100 km per jam. Jika sudah mencapai titik tersebut maka alat akan berbunyi dan memberikan peringatan kepada sopir untuk segera menurunkan kecepatan,"jelasnya.

Inggal mengatakan, sesuai perintah Dirlantas Polda Jatim, masing-masing polres memasang dua speed alarm untuk dua bus. 

"Ke depan seluruh armada kendaraan penumpang akan dipasang peralatan ini," pungkasnya.

Zaini, 35, salah satu penumpang bus menyambut baik pemasangan alat tersebut.  Dia menilai, dengan adanya speed alarm, maka sopir tidak lagi ugal-ugalan. 

"Kita sebagai penumpang tahu berapa kecepatan bus yang kita tumpangi, jadi tidak lagi was was,"tegasnya.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id