Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Dinkes Sleman Sebarkan Nomor Darurat Pelayanan Kesehatan Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Patricia Vicka • 31 Mei 2019 12:02
Yogyakarta: Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyiagakan sambungan telepon layanan kesehatan selama pekan mudik Lebaran 2019. Pelayanan bernama Sleman Emergency Service (SES) itu bisa diakses melalui kontak (0274) 8609000.
 
"Pemudik atau masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan diimbau menghubungi nomor tersebut. Petugas akan menyambungkan warga dengan puskesmas atau rumah sakit terdekat," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Joko menjelaskan masyarakat yang membutuhkan penanganan gawat darurat bisa langsung menghubungi nomor 08112668900. Petugas akan menyambungkan warga dengan rumah sakit terdekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gawat darurat seperti serangan jantung, ibu melahirkan pendarahan hebat dan kecelakaan bisa langsung kontak nomor gawai tersebut. Layanan kegawat daruratan dan SES gratis tidak dipungut biaya," jelas dia.
 
Dia memaparkan pihaknya menyiagakan 25 puskesmas dan 28 rumah sakit selama 24 jam beserta ambulans untuk warga dan pemudik. Sebagian besar puskesmas berada di jalur mudik dan wisata.
 
Di antaranya, Puskesmas Gamping 1 dan 2, Mlati 1 dan 2, Prambanan, Kalasan, Tempel. Sementara RS yang siaga di antaranya RSUD Sleman di Jalan Magelang Km 10,5, RS Bhayangkara di Jalan Solo Km 13, dan RSUD PRambana di Jalan Piyungan-Prambanan.
 
"Ke 25 puskesmas akan beroperasi sejak H-4 sampai H+4 Lebaran 2019. Ada ambulans juga di sana. Jadi kalau ada kejadian kecelakaan bisa langsung ditangani," ujarnya.
 
Selain menangani para pemudik, puskesmas dan rumah sakit disiagakan membantu persalinan dan penyakit yang mungkin terjadi selama pekan mudik Lebaran 2019. RS yang siap melayani ibu hamil dan melahirkan, di antaranya RS Sakina Idaman, RS Prambanan, RSUD Morangan Sleman dan RS Sardjito.
 
"Kalau puskesmasnya di Puskesmas Poned," ujar dia.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif