Pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat relatif sepi--Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat relatif sepi--Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Pasar Tanah Abang Mulai Lengang

Ramadan tanah abang
Fachri Audhia Hafiez • 03 Juni 2019 11:59
Jakarta: Dua hari jelang lebaran, pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat relatif sepi. Hal ini turut dibenarkan oleh sejumlah pedagang yang berada di pusat grosir terbesar di Jakarta itu.
 
Nadi, 50, mengatakan pembeli mulai tampak berkurang sejak Sabtu, 1 Juni 2019. Bahkan, pada puncak hari libur Minggu, 2 Juni 2019 juga tak seramai biasanya.
 
"Orang sudah pada banyak pulang kampung kayanya jadi agak sepi," kata Nadi kepada Medcom.id di kawasan Jembatan Penyeberangan Multiguna atau dikenal Skybridge Tanah Abang, Senin, 3 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penjual busana muslim pria ini mengaku kondisi ini berbeda pada hari yang sama tahun lalu. Dua, tiga hari jelang lebaran keramaian pembeli masih dirasakan.
 
Bahkan hari ini dia baru menjual beberapa potong baju saja. Biasanya, dia bisa menjual lebih dari 20 potong baju. "Buka di sini jam 08.00 WIB, sampai siang baru beberapa saja," ucap dia.
 
Baca: Jelang Ramadan, Tanah Abang Ramai Pengunjung
 
Hal senada juga diungkapkan Ayu, 29, pedagang baju di trotoar Jalan Jati Baru Raya. Pembeli sudah berjubel sejak sebulan lalu. Wajar bila pembeli mulai berkurang.
 
"Sebelum puasa orang sudah banyak yang kesini. Kayanya biar enggak capek kalau kesini pas-pas puasa," ujar dia.
 
Rian, petugas keamanan di Skybridge Tanah Abang juga membenarkan intensitas pengunjung Tanah Abang mulai lengang. Kondisi ini terus menurun dibandingkan tujuh hari sebelum Idulfitri 1440 H.
 
"Kalau turun sudah pasti, makin kesini makin berkurang yang datang. Tadinya tidak lengang seperti ini, yang baik turun kereta (di Stasiun Tanah Abang) tadinya padat," ujar Rian.
 
Pantauan Medcom.id, pembeli di skybridge maupun di trotoar Jalan Jati Baru Raya tak terlalu berjubel. Bahkan, beberapa kios juga mulai tampak tutup. Kepadatan hanya terjadi di akses menuju dan turun dari skybridge, serta halte bus Explorer Tanah Abang.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif