Amankan Pemudik, KAI Kerahkan 7 Ribu Polsuska
Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT KAI, Apriyono Wedi Chresnanto saat menanyakan identitas penumpang. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menjaga keamanan perjalanan penudik selama arus mudik dan balik lebaran 2018. KAI akan menyediakan 7 ribu Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).
 
"Jadi untuk pengamanan, Polsuska kami ada sekitar 1.300. Untuk eksternal ada sekitar 3 ribuan. Nanti di angkutan lebaran kami ada penambaham sekitar 1.600. Itu untuk persiapan angkutan lebaran. Jadi kurang lebih total semua aparat keamanan kami nanti ada sekitar 6 hingga 7 ribu," kata Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT KAI, Apriyono Wedi Chresnanto di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Mei 2018.
 
Pengamanan juga dilakukan di peron stasiun dan dalam gerbong kereta. Pengaman dalam gerbong kereta berasal dari petugas keamanan internal KAI.
 
 "Semua KA yang jalan pasti ada pengamanan dari internal kita, baik yang tertutup maupun yang terbuka. Yang terbuka yang pakai seragam," jelasnya.
 
Terkait wilayah keamanan, lanjut Apriyono, petugas dikerahkan di seluruh stasiun Jawa dan Sumatera. "Kami sudah berkoordinasi dengan kewilayahan dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan sebagainya," ungkap Apriyono.

Baca: PT KAI Siapkan 236.210 Kursi per Hari untuk Mudik Lebaran


Apriyono juga melakukan pengecekan keamanan di pintu masuk stasiun gambir. Ia mendatangi salah satu penumpang KA yang sedang dilakukan pemeriksaan oleh petugas keamanan stasiun.
 
Ia menanyakan beberapa hal kepada penumpang tersebut. "Ibu hendak ke mana? Boleh lihat Kartu Tanda Penduduknya (KTP)?," tanya Apriyono kepada Erna salah satu penumpang KA tersebut.





(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id