Pemantauan Hilal di Sumenep Terganggu Awan
Tim rukyatul hilal Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Gresik melakukan pemantauan "rukyatul hilal" di di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur. Antara/Zabur Karuru
Sumenep:Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, fokus memantau hilal di pantai Tanaros Desa Beluk Ares, Kecamatan Ambunten, Kamis, 14 Juni 2018. Di lokasi pemantauan hilal cuaca cerah. Tapi di arah barat gumpalan awan hitam mulai mengganggu pekerjaan tim.

"Mulai ada awan. Tapi semoga nanti cepat menghindar," kata Pengamat Cuaca BMKG Kalianget Sumenep, Mohammad Faqih, melalui sambungan telepon.


Faqih mengatakan kemungkinan nanti hilal muncul pada pukul 17.52 Wib. Tapi dia berharap pemantauan hilal tidak terganggu awan hitam. Karena saat ini awan tersebut mulai berpendar di arah barat.

Lokasi pemantauan dinilai representatif untuk melihat hilal. apalagi tempat tersebut mudah dijangkau.
Sebenarnya juga direncanakan di wilayah Kecamatan Batu Putih. Tapi karena akses jalan di Batu Putih sulit ditempuh, akhirnya pemantauan hilal dilakukan di satu tempat saja.

"Pemantauan hilal hanya dilakukan di sini," terang dia.

Sebagai informasi, pemantauan hilal di lokasi itu tidak hanya dilakukan tahun ini saja. Untuk menentukan idulfitri dan idul adha tahun lalu juga dilakukan di tempat yang sama.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id