Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memberikan keterangan kepada media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memberikan keterangan kepada media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Pemudik Reaktif Saat Masuk Jakarta Bakal Jadi Penghuni Wisma Atlet

Ramadan Mudik Lebaran polri Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Anggi Tondi Martaon • 15 Mei 2021 17:43
Jakarta: Polda Metro Jaya bakal melakukan tes acak antigen bagi pemudik selama arus balik Idulfitri 1442 Hijriah/2021. Jika reaktif, mereka bakal dibawa ke Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
"Untuk dilanjutkan (tes covid-19) dengan PCR (polymerase chain reaction) dan selama menunggu hasil PCR, maka dia akan diisolasi di sini (Wisma Atlet)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Sabtu, 15 Mei 2021.
 
Pemudik yang reaktif akan dibawa menggunakan bus yang telah disiagakan petugas. Bus itu akan bertolak dari pos ke Wisma Atlet satu jam sekali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jelang Arus Balik, Kemenhub Wajibkan Tes Covid-19 di 2 Wilayah
 
"Tergantung nanti seberapa banyak yang kita periksa mendapatkan hasil reaktif," ungkap dia.
 
Dia menyebutkan tes PCR juga akan dilakukan terhadap penumpang lain dalam satu kendaraan tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi penumpang dalam kendaraan itu steril dari virus korona.
 
Uji klinis covid-19 itu bakal dilakukan di 12 pos pemeriksaan. Pos-pos tersebut disebar di sejumlah pintu masuk Jabodetabek. Rapid test antigen juga diterapkan bagi pemudik yang tak membawa dokumen bebas covid-19.
 
"Kita akan masukkan ke pos sini kita akan periksa di sini," ungkap dia.
 
Dia mengimbau pemudik yang akan kembali ke Jakarta membawa surat bebas covid-19. Dengan begitu, pemeriksaan bisa dilakukan dengan cepat dan tak menyebabkan keramaian.
 
"Ketika ada pemeriksaan dia tinggal tunjukkan. Kalau sudah kita tidak akan periksa," ujar dia.
 

(OGI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif