Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pejabat negara memantau arus mudik di Brebes, Jateng, Minggu, 9 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Kuntoro
Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pejabat negara memantau arus mudik di Brebes, Jateng, Minggu, 9 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Kuntoro

Tekan Covid-19, Kapolri Cek Pos Penyekatan Arus Mudik di Brebes

Ramadan Mudik Lebaran Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Kuntoro Tayubi • 09 Mei 2021 22:51
Brebes: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Puan Maharani, serta sejumlah menteri memantau Pos Penyekatan Exit Tol Pejagan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Mereka ingin memastikan Operasi Ketupat 2021 berjalan baik.
 
"Kita meninjau beberapa pos penyekatan di beberapa titik. Harapannya, adanya larangan mudik ini bisa menekan jumlah penyebaran kasus covid-19 di Indonesia," kata Listyo di Pos Pintu Tol Pejagan, Minggu, 9 Mei 2021.
 
Menurut dia, arus mudik Lebaran 2021 memang berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Dulu, pemerintah pusat fokus mengatur arus mudik, tetapi kali ini menyekat lalu lintas kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menhub: Trafik Penumpang Kereta di Stasiun Senen Anjlok 90%
 
"Penyekatan ini tidak lain dilakukan bertujuan untuk mengurangi laju kasus covid-19 yang masih terbilang tinggi di Indonesia. Jadi, dengan tidak mudik masyarakat akan selalu terjaga kesehatannya dan angka penularan bisa ditekan," kata Listyo.
 
Dari pantauannya di lapangan, larangan mudik di setiap pos penyekatan berjalan dengan baik. Berdasarkan data yang masuk, pemudik dari Jakarta menuju Jawa Barat mencapai 10 ribu, Jawa Tengah 32 ribu, dan Jawa Timur 2.000.
 
"Mudah-mudahan adanya penyekatan ini pergeseran angka covid-19 yang selama ini kita jaga tidak bergeser ke daerah lainnya," kata Listyo.
 
Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selama larangan mudik Lebaran 2021 hingga saat ini, ada penurunan pemudik. Meski begitu, distribusi logistik tetap berjalan aman.
 
"Di masa larangan mudik ini turun 45 persen. Ini suatu prestasi yang baik (dalam upaya menekan angka penularan covid-19 di tengah pandemi)," kata Budi.
 

(OGI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif