Pengunjung berdesakan di Tanah Abang. Foto: MI/Ramdani
Pengunjung berdesakan di Tanah Abang. Foto: MI/Ramdani

Berkaca pada Kerumunan Tanah Abang, Tempat Wisata Diharap Ditutup

Ramadan Mudik Lebaran Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Fachri Audhia Hafiez • 09 Mei 2021 21:18
Jakarta: Penutupan tempat wisata di masa libur Lebaran 2021 dinilai penting untuk cegah kerumunan di ruang publik. Hal ini berkaca pada keramaian masyarakat ketika berbelanja kebutuhan jelang Idulfitri 1442 Hijriah.
 
"Kita berkaca dari kasus kerumunan di Pasar Tanah Abang (Jakarta Pusat) dan beberapa pasar yang lain. Saya kira ini menjadi pelajaran yang berharga," kata anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo kepada Medcom.id, Minggu, 9 Mei 2021.
 
Menurut dia, Idulfitri akan menjadi momentum berkumpul keluarga. Momen itu diyakini akan dimanfaatkan keluarga untuk berkunjung ke suatu tempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:3.922 Kasus Baru Covid-19 Muncul, 4.360 Sembuh
 
"Apalagi di masa pandemi masyarakat sudah lelah. Kita harus antisipasi," ujar Rahmad.
 
Politikus PDI Perjuangan ini mencontohkan keramaian Pasar Tanah Abang. Situasi ini semestinya bisa diprediksi, tetapi tak mampu diantisipasi sejak awal oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
Menyosialisasikan penutupan dinilai menjadi cara terbaik mencegah masyarakat berdatangan ke tempat wisata. Hal ini perlu dilakukan di seluruh wilayah Indonesia untuk cegah lonjakan kasus covid-19.
 
"Berkaca dan evaluasi dari situ, saya kira terhadap potensi kerumunan seperti tempat wisata wajib hukumnya bagi kita untuk tutup. Kita tidak perlu 'berjudi' ketika tidak siap untuk membuka," ucap Rahmad.
 

(OGI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif