Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Bandara Soetta. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Bandara Soetta. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Kapolda Cek Keamanan Bandara Soetta

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Siti Yona Hukmana • 29 Mei 2019 13:45
Tangerang: Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengecek keamanan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Dia ingin memastikan masyarakat aman dan nyaman saat mudik Idulfitri 1440 Hijriah.
 
Gatot tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 11.30 WIB. Dia disambut Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Victor Togi Tambunan, Senior Manager Airport Security Bandara Soekarno Hatta Tony Hadibawono, dan Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Suriawan Wakan serta jajaran lainnya.
 
Gatot memastikan Bandara Soekarno-Hatta aman dari potensi kerawanan pada musim Lebaran ini. Ia menyebut ada ratusan personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan Bandara Soeta tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengamanan ada gabungan dari Polri dan TNI, kemudian internal bandara sendiri ada pengamanan dari Avsec (Aviation Security) ya. Polri sendiri kita menurunkam 753 personel. Kita siap mengamankan baik di dalam maupun di luar bandara kita sudah siap semuanya," kata Gatot di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Menurut Gatot, jika jumlah personel Polri itu kurang ia akan menambah personel dari Polda Metro Jaya. Ia telah mempersiapkan personel cadangan.
 
"Tapi, sementara sesuai rencana pengamanan yang dibuat oleh Kapolres Bandara Soeta Kombes Victor itu sudah cukup mengantisipasi semua potensi kerawanan yang mungkin timbul di bandara ini," sebut Gatot.
 
Gatot merincikan sejumlah potensi kerawanan yang terdapat di Bandara Soeta. Hal ini meliputi kemacetan lalu lintas (lantas) dan tertukarnya barang penumpang. Namun, ia memastikan potensi-potensi itu dapat teratasi.
 
"Kalau kita lihat paparan pengamanan tadi, barang-barang yang tertukar bisa ketemu dan kemacetan lantas juga bisa teratasi. Mudah-mudahan nanti pada puncaknya atau hari H-nya (Jumat, 31 Mei 2019) di mana nanti masyarakat paling banyak datang ke bandara menggunakan pesawat semuanya bisa kita atasi," imbuh Gatot.
 
Gatot menyebut personel pengamanan akan bersiaga selama 13 hari. Mereka bertugas mulai hari ini hingga Senin, 10 Juni 2019."Tapi, nanti kalau masih ada potensi rawan, saya kira ada petugas yang rutin daripada Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk membantu pengamanan," tutur Gatot.
 
Selain memantau pengamanan, Gatot terlihat juga mengajak penumpang berdialog. Ia menanyakan tujuan bepergian pemudik. Salah satu itu pemudik yang hendak pulang kampung ke Padang, Sumatra Barat.
 
Baca: Kapolda Metro Jaya Tinjau Pengamanan Mudik di Stasiun Gambir
 
"Semoga selamat sampai tujuan ya Pak. Bandara Soeta kita sudah berikan pengamanan. Semoga aman dan nyaman di sini," pungkas Gatot.
 
Sebelumnya, Gatot telah menyambangi Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat. Di sana ada 150 personel dikerahkan. Rencananya, Gatot juga akan mengunjungi Terminal Bus Kampung Rambutan dan Jalur Tol Jakarta - Cikarang Utama.
 
Dalam peninjauan beberapa titik lokasi Transportasi Publik ini, Gatot didampingi oleh sejumlah pejabat kepolisian dan TNI. Mereka adalah perwakilan Kodam Jaya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Direktur Lalu Lintas Kombes Yusuf, Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Roycke Harry Langie, pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan Sigit Widjatmoko, perwakilan Dinas Kesehatan, dan perwakilan Dinas Jasa Marga.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif