Ilustrasi polisi berjaga di titik penyekatan/Medcom.id/Zaenal Arifin)
Ilustrasi polisi berjaga di titik penyekatan/Medcom.id/Zaenal Arifin)

Bertambah, Titik Penyekatan Mudik Jadi 381

Ramadan Mudik Lebaran polri Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Theofilus Ifan Sucipto • 04 Mei 2021 15:56
Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menambah titik penyekatan mudik Lebaran 2021. Titik tambahan tersebar di Sumatra Selatan (Sumsel), Jawa, hingga Bali.
 
“Jadi ada 381 (titik penyekatan),” kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan saat dihubungi, Selasa, 4 Mei 2021.
 
Rudi memerinci ada 10 titik penyekatan di bawah pengawasan Polda Sumsel dan sembilan titik di Polda Lampung. Kemudian, 16 titik di Polda Banten, 14 titik di Polda Metro Jaya, 158 titik di Polda Jabar, dan 85 titik di Polda Jateng.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikutnya, 74 titik di Jawa Timur dan 10 titik di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Terakhir, lima titik penyekatan di Polda Bali.
 
Baca:Pemerintah Larang Mudik, Termasuk Mudik Lokal
 
Rudi mengatakan penambahan titik penyekatan didasari hasil evaluasi. Korlantas Polri mengantisipasi bertambahnya jalur alternatif mudik, sehingga pengawasan diperketat.
 
Sebelumnya, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan 333 titik penyekatan di sejumlah ruas. Penyekatan merupakan salah satu upaya pengendalian kendaraan menjelang Ramadan 2021.
 
Titik penyekatan tersebar di seluruh wilayah. Penyekatan akan diberlakukan di jalur arteri maupun jalur tol.
 
"Baik menuju Jawa maupun menuju luar Jawa. (Sebanyak) 333 titik ini terutama dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah," kata Kakorlantas Irjen Istiono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 2 April 2021.
 
Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah ingin larangan mudik dilakukan dengan tegas tetapi tetap humanis. Pemerintah melarang masyarakat mudik untuk menekan penularan covid-19 dan memaksimalkan program vaksinasi nasional.

 

(ADN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif