Permintaan Rempah di Manado saat Ramadan Meningkat
Pedagang bumbu di Pasar Tradisional Bersehati Kota Manado, Kamis 17 Mei 2018, Medcom - Mulyadi
Manado:Permintaan rempah-rempah di pasar tradisional di Kota Manado, Sumatera Utara, meningkat di hari pertama Ramadan. Permintaan terbanyak yaitu cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih.

Nune, pedagang rempah-rempah di Pasar Tradisional Bersehati Kota Manado, menyebutkan permintaan mulai meningkat setidaknya dua hari belakangan.


"Paling banyak itu pada cabai dan tomat. Biasanya sehari hanya 30 sampai 40 kilogram. Namun dua hari ini sampai 50 kilogram habis terjual," kata Nune, kepada Medcom.id, saat ditemui di Pasar Bersehati, Manado, Kamis, 17 Mei 2018.

Menurut pedagang di pasar yang menjadi pusat perdagangan di Sulut ini, permintaan cabai meningkat lantaran masyarakat Manado pada umumnya menyukai masakan pedas.

Selain itu, lanjut dia, harga saat ini masih tergolong stabil. Meskipun bahan seperti cabai mengalami kenaikan tipis.

"Cabai saat ini per kilonya Rp44 ribu naik empat ribu dari harga sebelumnya. Sementara tomat turun dari Rp16 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram. Sementara bawang merah dan putih, harganya tetap masing-masing, Rp40 ribu dan Rp34 ribu per kilohram," ujarnya.

John, pedadagang lainnya memperikaran harga stabil lantaran pasokan terus ada. Hal ini, kata dia, berbeda dengan kondisi pada tahun lalu, di mana harga cabai bahkan tembus sampai Rp100 ribu.

"Tahun lalu itu stoknya sangat kurang. Dan sangat mahal. Mudah-mudahan tahun ini tidak seperti yang lalu," harapnya.




(RRN)