Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Medcom.id/Nur Azizah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Medcom.id/Nur Azizah.

DKI Berangkatkan 307 Bus Mudik Gratis

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Nur Azizah • 30 Mei 2019 10:59
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta memberangkatkan 307 bus untuk mudik gratis. Sebanyak 300 bus itu memiliki tujuan ke Jogjakarta, Kuningan, Semarang, Tasikmalaya, hingga Jombang.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan program mudik gratis baru diadakan tahun ini. Pemprov menyediakan 307 bus untuk warga Jakarta ke kampung halaman.
 
"Lebih dari 17 ribu warga menggunakan lebih dari 300 bus ke sepuluh wilayah di Pulau Jawa. Yang paling jauh di bagian Timur itu ada Jombang, di Barat ada Ciamis dan di Kuningan," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies menyebut program ini salah satu apresiasi Pemprov DKI kepada warga yang sudah meningkat perekonomian Ibu Kota. Mantan Mendikbud ini pun berdoa agar para pemudik selamat hingga tempat tujuan.
 
"Kita doakan mereka sampai tujuan dengan selamat. Ada satu pesan yang saya sampaikan, karena sepanjang jalan cukup panjang dan mereka tidak saling kenal maka ini kesempatan untuk membangun silaturahmi antara warga," pungkasnya.
 
Ada 10 kota yang difasilitasi Pemprov DKI, yakni Solo, Kebumen, Kuningan, Ciamis, Tegal, dan Pekalongan. Lalu Jombang, Semarang, Jogjakarta, dan Wonogiri.
 
Untuk tujuan Ciamis, Pemprov DKI menyediakan 15 bus dan tujuh truk. Sementara itu ke Kuningan 14 bus dan tujuh truk, Tegal 31 bus dan 15 truk, untuk tujuan Pekalongan disediakan 35 bus dan 10 truk.
 
Adapun tujuan Semarang disediakan 30 bus dan 15 truk, Kebumen ada 20 bus dan 10 truk, Sola 40 bus dan 30 truk. Lalu tujuan Wonogiri tersedia 31 bus dan 10 truk, Jogjakarta 51 bus dan 35 truk, serta Jombang disediakan 20 bus dan 10 truk.
 
Total ada 307 bus dan 139 truk dengan kuota peserta sekitar 18 ribu orang dan 6.250 kendaraan motor. Selain menyediakan bus mudik gratis, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan bis balik gratis. Warga pun diminta untuk mengakses www.mudikgratis.jakarta.go.id agar mendapatkan informasi lengkapnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif