Lurah Cilandak Barat Minta Kumpulkan Zakat Rp1 Juta per RT
Surat edaran zakat dari Lurah Cilandak Barat - foto: istimewa.
Jakarta: Camat Cilandak Tomy Fudihartono tak membantah ada penarikan dana Bazis Map Gerakan Ramadan oleh Lurah Cilandak Barat Agus Gunawan. Tapi, kata dia, nominalnya tak mesti Rp1 juta seperti yang tertulis dalam surat. 

"Mungkin karena tata bahasanya saja sehingga yang menerjemahkannya orang berbeda-beda," kata Tomy saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 2 Juni 2018.


Tomy menyebut, pencantuman nominal Rp1 juta dimaksudkan untuk memotivasi ketua RT di wilayah mencari dana. Sebab, kata dia, banyak ketua RT malas. 

"Itukan hanya imbauan, kalau bisa, mencapai Rp1 juta. Kadang ada RT yang rajin, ada juga yang kurang rajin. Kadang-kadang ada RT yang dapat dua tiga orang sudah selesai," beber Tomy. 

Padahal, kata dia, map sumbangan yang diedarkan sengaja dibuat kolom banyak. Bahkan bisa sampai terisi 60 KK. Tentu, bisa lebih dari Rp1 juta bila satu KK memberikan minimal Rp50 ribu. 

Dia melanjutkan, dalam surat memang ditulis bagi yang menghilangkan map harus mengganti Rp1 juta. Ini kata dia sebagai komitmen. 

"Jadi biar ada komitmen awal, biar kalau RT menghilangkan map itu, berapa pun dia dapat uangnya dia harus ganti Rp1 juta, kalau saya menerjemahkannya gitu," kata Tomy.

Sebelumnya masyarakat digegerkan dengan viralnya surat dari Lurah Cilandak Barat. Dalam surat itu Lurah meminta kerja sama para RT untuk mengumpulkan Dana Bazis Map Gerakan Ramadan. 

Berikut isi suratnya

Menindaklanjuti seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 07 Tahun 2018 tentang Gerakan amal sosial Ramadan Tahun 1439 H/2018 M, dengan ini mohon kerja sama para Ketua RT se Kelurahan Cilandak Barat, untuk mengumpulkan Dana Bazis Map Gerakan Ramadan kepada warga. 

Dana Bazis Map Gerakan Ramadan tersebut dapat dikembalikan ke kelurahan paling lambat 25 Juli 2018 dengan minimal Rp1 juta dan jika Map Gerakan Ramadan hilang maka dikenakan denda sebesar Rp1 juta. 

Demikian edaran ini disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih. 

Lurah Cilandak Barat,
Agus Gunawan. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id