Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Dok pribadi
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Dok pribadi

Pergerakan Tinggi Jelang Lebaran, Testing Wajib Ditingkatkan

Ramadan Mudik Lebaran Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Lestari Moerdijat Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Kautsar Widya Prabowo • 09 Mei 2021 15:24
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mendorong pemerintah daerah (pemda) mengambil langkah cepat mencegah lonjakan kasus covid-19 di tengah masyarakat yang nekat mudik. Pemeriksaan dan pelacakan kontak pasien covid-19 perlu ditingkatkan.
 
"Pergerakan orang ke sejumlah daerah tetap terjadi jelang Lebaran meski ada larangan sehingga para pemangku kepentingan di daerah perlu melakukan testing dan tracing serta menyediakan ruang isolasi yang memadai bagi pendatang," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Minggu, 9 Mei 2021.
 
Menurut dia, kota besar maupun daerah pada masa Lebaran 2021 masih rawan dilanda pergerakan orang yang berkunjung ke sanak keluarga, tempat wisata, atau ke pusat perbelanjaan. Hal ini perlu diiringi penerapan protokol kesehatan (prokes) yang disiplin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Bogor Perketat Pengawasan Larangan Mudik
 
"Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan harus ketat dilaksanakan dalam keseharian masyarakat," ungkap politikus Partai NasDem itu.
 
Rerie menyayangkan banyak pemangku kepentingan di daerah terlambat mengantisipasi kondisi itu. Di sejumlah pusat perbelanjaan di berbagai kota misalnya, kerumunan orang dalam jumlah besar tanpa penerapan prokes ketat kerap terjadi.
 
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedianya telah mengonfirmasi masuknya empat varian baru mutasi virus korona di Indonesia. Keempat varianitu berasal dari Inggris, India, Afrika Selatan, dan Malaysia.
 
"Varian baru mutasi virus korona tersebut diperkirakan memiliki tingkat penularan hingga 75 persen," tutur dia.
 
Dia berharap para pemangku kepentingan dapat segera merencanakan strategi pencegahan penyebaran covid-19 yang baik dan terukur. Dengan begitu, ledakan kasus positif pasca-Lebaran dapat ditekan.
 

(OGI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif