Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Instruksikan Protokol Kesehatan di Pasar Jelang Lebaran Dipantau

Ramadan Virus Korona Ramadan 2020 PSBB
Nur Azizah • 19 Mei 2020 11:50
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19) jelang Idulfitri dan saat Idulfitri. Terutama, di pasar-pasar tradisional.
 
"Saya melihat pasar tradisional saat ini sudah mulai ramai karena masyarakat banyak yang belanja dalam rangka hari raya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Jokowi meminta masyarakat tak abai dengan protokol kesehatan. Masyarakat wajib memakai masker dan menjaga jarak bila berada di kerumunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ingin dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, memakai masker, petugas di lapangan betul-betul bekerja untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus," ujar dia.

Tak Larang Umat Beribadah

Kepala Negara menegaskan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saat Hari Raya Idulfitri bukan berarti pemerintah melarang umat Islam beribadah. Warga tetap bisa menunaikan salat Idulfitri di rumah masing-masing.
 
"Saya minta betul-betul dijelaskan, diberi pemahaman, disosialisasikan bahwa pemerintah tidak melarang untuk beribadah, justru pemerintah melalui Kementerian Agama mendorong umat beragama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah masing-masing," tegas dia.
 
Ia menuturkan warga tetap bisa beribadah dengan memperhatikan protokol kesehatan. "Anjuran ibadah di rumah yang bisa dilakukan bersama-sama, saya rasa sudah sering kita sampaikan," kata dia.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif