Mudik Lancar Meringankan Beban Sopir Bus
Bus baru saja menurunkan penumpang di Semarang, Jateng. (Foto: Rhobi Shani)
Jepara: Lancarnya arus mudik tahun ini dirasa meringankan beban sopir bus. Selain waktu tempuh yang relatif lebih cepat, tenaga yang dibutuhkan tidak berlebihan.

Mat Khanafi, seorang sopir bus, menceritakan baru saja menurunkan penumpang di Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Penumpang rombongan pekerja proyek itu diangkut dari Cikarang, Bekasi, Sabtu, 9 Juni 2018.


“Sabtu ambil dari Cikarang. Berangkat dari sana (Cikarang) pukul 04.00 WIB, terus sampai Purwodadi pukul 15.00 WIB lebih,” ujar Khanafi, Selasa, 12 Juni 2018.

Khanafi melanjutkan, jika bukan musim arus mudik, umumnya perjalanan menggunakan bus besar dari Bekasi menuju Purwodadi memakan waktu 12 jam lebih.

“Jalanan lancar tidak ada macet-macetnya. Kalau kecepatan 80 sampai 100 kilometer per jam masih wajar karena bus besar dan tidak lewat tol,” kata Khanafi.

Khanafi mengungkap akibat kondisi jalan yang lancar konsumsi solar tak membengkak. Perjalanan Purwodadi-Bekasi, pergi pulang, menghabiskan uang Rp1,8 juta untuk membeli solar.

“Kalau lancar solar tidak boros badan juga tidak capek. Terus saya putar balik ambil penumpang di Bandung,” beber Khanafi.

Lancarnya perjalanan pada musim arus mudik juga dirasakan Khanafi dari Bandung menuju Gubuk Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. 

Pada, Senin 11 Juni 2018 sekitar pukul 02.00 WIB, Khanafi membawa penumpang dari kawasan Tangkuban Perahu. Tiba di Gubuk pada hari yang sama pukul 12.00 WIB.

“Dari Bandung lewat jalur utara juga lancar. Hanya ada penyempitan jalan di Plelen Weleri sejauh 0,5 kilometer,” tandas Khanafi.

Heri, sopir bus, juga merasakan hal sama. Selama musim arus mudik kali ini sudah dua kali membawa penumpang dari Jakarta menuju Kudus, Jawa Tengah.

Pertama, membawa penumpang dari Ciledug, Tangerang, Banten, menuju Kudus, Jateng. Waktu tempuh 12 jam.

“Saya rasakan masih normal, mengingat ini musim mudik. Yang terakhir kemarin bawa penumpang dari kawasan Slipi. Sampai Kudus butuh waktu 15 jam karena kena macet di tol dalam kota,” pungkas Heri.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id