Rumah warga yang pulang mudik ditempel stiker khusus. MI/Andri Widiyanto
Rumah warga yang pulang mudik ditempel stiker khusus. MI/Andri Widiyanto

Rumah Warga DKI yang Pulang Mudik Ditempel Stiker Khusus

Ramadan DKI Jakarta Virus Korona arus balik Satgas Covid-19 Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Mei 2021 08:10
Jakarta: Pengawas covid-19 berbasis komunitas mikro bakal menempel stiker khusus di rumah warga yang mudik. Petugas bakal mengecek surat tes covid-19 di masing-masing rumah.
 
“Ada tidak hasil swab antigen ketika mereka pulang, kalau tidak ada, kita swab di tempat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Selasa, 18 Mei 2021.
 
Yusri menuturkan mereka yang hasil tesnya positif covid-19 diminta isolasi mandiri atau dirujuk ke rumah sakit terdekat bila memerlukan penanganan khusus. Petugas juga bakal menempel stiker khusus di rumah yang sedang karantina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita tempel stiker di rumah ini sementara isolasi mandiri mulai tanggal berapa sampai tanggal berapa,” beber dia.
 
Yusri mengimbau pemudik yang tidak punya surat bebas covid-19 segera ke polsek terdekat. Warga bisa memanfaatkan tes swab antigen gratis.
 
(Baca: Tes Acak, 24 Pemudik Positif Covid-19)
 
Pihaknya juga mengajak masyarakat yang tidak mudik membuat spanduk ajakan menolak warga yang kembali dari mudik tidak membawa surat bebas covid-19.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Gugus Tugas RT/RW mendata warga yang pulang mudik Lebaran 2021. Pendataan untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 pascaliburan Idulfitri 2021.
 
"Gugus Tugas RT/RW, dikoordinasi dengan jajaran camat, lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa akan bersama-sama melakukan pendataan atas warga yang masuk ke wilayah itu," ucap Anies dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 14 Mei 2021.
 
Anies menerangkan ketua RT/RW bersama Gugus Tugas akan memonitoring dan memantau warga. Mereka harus memastikan warga dalam keadaan sehat ketika sampai di wilayah masing-masing.
 
"Dan akan dilakukan rapid test antigen," ujar Anies.
 

(REN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif