Jasa Marga Pakai Kancil untuk Pantau <i>Contra Flow</i>
Si Kancil yang bakal memantau contra flow. (Foto: Antonio)
Bekasi:PT Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek mempersiapkan dua sepeda motor bernama Kancil untuk menyapu bersih gangguan saat diberlakukannya contra flow.

Deputi General Manager Traffic Management Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek Cece Kosasih mengatakan, masing-masing kendaraan akan beroperasi di wilayah barat dan timur Jalan Tol Jakarta Cikampek saat arus mudik. Namun, Kancil hanya digunakan saat contra flow.


"Berdasarkan pengalaman arus mudik 2017, rambu pembatas jalan kerap jatuh saat diberlakukan contra flow. Sehingga kendaraan yang ada di jalur untuk contraflow mengantre," beber Cece, di Bekasi, Jawa Barat, Jumat 8 Juni 2016.

Dia menuturkan, petugas harus memperbaiki pembatas jalan ke posisi semula menggunakan kendaraan roda empat. Namun, hal itu memakan waktu karena ikut mengantre dengan kendaraan lainnya. 

"Jadi kita kalau pakai motor bisa lakukan pembetulan tanpa harus menggangu jalannya arus lalu lintas," kata dia.

Menurutnya, dengan menggunakan Kancil bisa memangkas waktu untuk memperbaiki pembatas jalan. Teknisnya, akan ada satu orang pengemudi dan penumpang di atas motor.

Lalu, mereka menyisir lanjurcontraflow. Jika ada pembatasa jalan yang jatuh dan menghambat kendaraan yang melintas, bisa segera diperbaiki.

Rencananya, contraflowakan dilakukan di wilayah Barat dan Timur.  Wilayah barat berada di Gerbang Tol Cikarang Utama sampai KM 21 atau Gerbang Tol Tambun. Sedangkan di wilayah timur dari Gerbang Tol Cikarang Utama sampai KM 65.

"Selama contra Flow motor Kancil ini kita siagakan, jadi mereka juga akan lakukan patroli dan kontrol di jalur contra Flow. Dulu pakai mobil kita enggak bisa tembus kendaraan, kalau pakai motor bisa tembus menyalip istilahnya," jelas Cece 

Dikertahui bahwa, sepeda motor Kancil yang digunakan Jasa Marga merupakan motor matik dengan warna dominan biru dan kuning layaknya logo di Jasa Marga. Motor itu telah dilengkapi rotator, lampu tambahan, dan perlengkapan perkakas.



(LDS)