Ilustrasi mudik/Media Group News/Dhana Kencana
Ilustrasi mudik/Media Group News/Dhana Kencana

Tilang Elektronik di Tol Tetap Berlaku saat Mudik Lebaran

Kautsar Widya Prabowo • 22 April 2022 09:40
Jakarta: Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri memastikan sistem tilang elektronik (E-TLE) di jalan tol tetap berlaku saat mudik Lebaran 2022. Sistem yang aktif sejak 1 April 2022 di Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatra itu tak akan disetop saat mudik.
 
"Itu lah alat kontrol kita dan itu lah kedewasaan kita dalam berlalu lintas," ujar Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam konferensi pers, Rabu, 21 April 2022.
 
Baca:Korlantas Beberkan Simulasi Rekayasa Lalu Lintas Selama Musim Mudik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Firman meminta kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Di sisi lain, dia mengingatkan masyarakat mematuhi kebijakan ganjil genap (gage) di Jalan Tol.
 
Polri tidak akan memberikan sanksi penilangan bagi pemudik yang melanggar. Firman meminta pemudik dapat menyesuaikan keberangkatan dengan waktu penerapan gage.
 
"Jadi mari kita patuhi saja hari genap dengan plat genap hari ganjil dengan nomor ganjil," jelasnya.
 
Korlantas Polri mulai menerapkan tilang elektronik di Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatra mulai 1 April 2022. Pemberlakuan setelah sosialisasi sejak awal Maret.
 
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kamera tilang elektronik dipasang di tujuh ruas tol di Jakarta. Yaitu Jakarta-Cikampek, Jalan Layang MBZ, Soedijatmo, Dalam Kota, Kunciran-Cengkareng, JORR, dan Jakarta-Tangerang.
 
Tilang batas kecepatan diatur dalam Pasal 287 ayat 5, UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Menyatakan bahwa setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu. Batas kecepatan di jalan bebas hambatan atau tol adalah paling rendah 60 km/jam, sedangkan tertinggi 100 km/jam.
 

(ADN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif