Budayawan Ngatawi Al Zastrouw. Foto: Istimewa
Budayawan Ngatawi Al Zastrouw. Foto: Istimewa

Ramadan, Masyarakat Diminta Menjaga Ukhuwah

Ramadan Lingkungan Lingkungan Hidup islam Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Yogi Bayu Aji • 03 Mei 2021 23:29
Jakarta: Budayawan Ngatawi Al Zastrouw mengatakan Ramadan 1442 Hijriah menjadi momentum memperkuat persaudaraan Islam. Di tengah pandemi, masyarakat diminta menjaga ukhuwah, tak hanya persaudaraan sesama manusia.
 
"Islam mengajarkan hubungan harmonis antara manusia dengan alam. Dalam Islam, menjaga alam bagian dari ukhuwah," kata Ngatawi melalui keterangan tertulis, Senin, 3 Mei 2021.
 
Menurut dia, manusia merupakan khalifah di bumi. Salah satu tugasnya yakni menjaga kelestarian alam yang menjadi bagian dari ukhuwah Islam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menag Perintahkan Pengetatan Pengawasan Protokol Kesehatan di Rumah Ibadah
 
Ngatawi mengingatkan masyarakat Indonesia harus menjaga hubungan dengan alam. Unsur itu salah satu yang harus dijaga.
 
Dia mengisahkan Rasulullah saat berperang. Nabi Muhammad SAW memberi petunjuk dan etika dalam berperang, termasuk tidak boleh sampai merusak alam sekitar.
 
“Bahkan ketika dalam keadaan perang ada tiga hal yang tidak boleh dirusak, yaitu perempuan, anak-anak, dan pepohonan. Nabi juga meriwayatkan jika besok terjadi kiamat dan hari ini kamu mempunyai benih, maka tanamlah agar alam bisa selamat,” kata dia.
 
Dia mengartikan manusia tidak boleh mengeksploitasi alam secara berlebihan. Petuah Nabi itu diteruskan kepada Wali Songo.
 
“Banyak buku penelitian yang mencoba mengkaji kearifan lokal yang dilakukan oleh para Wali termasuk bagaimana Sunan Muria melakukan pertanian sebagai upaya menjaga alam dan merawat kehidupan,” terang Ngatawi dalam program ngabuburit BKNP PDIP.
 

(OGI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif