Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Alhamdulillah, Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa

Ramadan puasa Vaksinasi covid-19 Ramadan 2021
Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 Maret 2021 15:34
Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa. Rekomendasi ini tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid19 Saat Berpuasa.
 
Fatwa ini menjadi kabar gembira bagi umat islam yang nanti divaksinasi pada bulan Ramadan. Bisa menerima vaksinasi dengan tenang tanpa khawatir puasanya batal.
 
MUI menjelaskan vaksinasi melalui injeksi intramuskular (disuntik) tidak membatalkan puasa. Hukum melakukan vaksinasi bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan cara injeksi intramuscular adalah boleh. Sepanjang tidak menyebabkan bahaya bagi umat (dlarar).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Vaksinasi covid-19 yang sekarang ini dengan cara injeksi secara syari tidak membatalkan puasa. Karenanya umat islam yang sedang berpuasa boleh melakukan vaksinasi,” jelas Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, Selasa, 16 Maret 2021.
 
MUI memastikan pemerintah tetap dapat melakukan vaksinasi covid-19. Sehingga, upaya pencegahan penularan wabah covid-19 bisa dilakukan.
 
Dalam Fatwa tersebut umat Islam juga wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi covid-19. Upaya tersebut diharapkan dapat mewujudkan kekebalan kelompok.
 
MUI juga merekomendasikan agar pemerintah melakukan vaksinasi pada malam hari. Tujuannya agar kondisi orang yang akan divaksinasi dalam kondisi bugar setelah berbuka puasa.
 
"Pemerintah dapat melakukan vaksinasi covid-19 pada malam hari bulan Ramadan," terangnya.
 

 

(UWA)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif