Menhub Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran di Bandara Soeta
Ilustrasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang dengan calon penumpang pesawat yang akan mudik ke Padang di Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (23/6). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal.
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan seluruh sarana, prasarana, serta moda transportasi siap mengangkut para pemudik Lebaran. Siang ini, mantan Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II itu meninjau angkutan Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Sebelum meninjau, Budi terlebih dahulu mengadakan rapat dengan Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, Direktur AirNav Indonesia, Novie Riyanto, serta Executive Senior General Manager Bandara Soeta, M Suriawan Wakan. Rapat dilakukan selama lebih dari satu jam di Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soeta, Tangerang, Banten.


Selepas rapat, Budi menuju Posko Terpadu Mudik Lebaran yang berada di Terminal 1B. Di posko yang disediakan AP II itu, Budi mendengarkan kesiapasiagaan Aviation Security (Avsec), TNI, dan Polri yang ada di Bandara Soeta.

"Harus dilaksanakan dengan baik dan konsisten. Tentu dilakukan beberapa hal, di antaranya melakukan efektivitas SCP (Security Check Point/titik pemeriksaan keamanan) karena banyak juga yang lengah sehingga perlu ini dicek," ujar Budi di Posko Terpadu Mudik Lebaran, Bandara Soeta, Minggu, 3 Juni 2018.

Setelah itu, Budi meninjau Terminal 1 Bandara Soeta. Di sana, Budi berbincang dengan beberapa penumpang yang hendak mudik.

Selain itu Budi juga memeriksa armada pesawat yang digunakan sebagai angkutan Lebaran. Budi menanyakan teknisi dan pilot untuk memastikan pesawat tersebut siap mengudara mengantarkan pemudik.

Di sela-sela peninjauan, Budi berpesan agar setiap armada pesawat harus selalu melakukan ramp check (pemeriksaan rutin untuk memastikan kelaikan dan keselamatan pesawat). Untuk memastikan hal itu, Budi meminta Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso untuk terus memantau pelaksanaan ramp check.

"Kita sudah mencek lebih dari 400 (pesawat) sudah di-ramp check dari 500 pesawat, jadi sudah sebagian besar. Saya minta kepada Pak Dirjen (Perhubungan Udara) untuk menyelesaikan dalam beberapa hari ini kurang lebih masih ada 90 yang harus di-ramp check, 1-2 hari ini akan kita selesaikan," pungkas Budi.



(DEN)