Terminal Kampung Rambutan Siapkan Bus Cadangan
Pemudik bergegas menaiki bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (11/6). MI/ BARY FATHAHILAH.
Jakarta: Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur berencana menyiapkan bus tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Rencananya pihak pengelola terminal akan berkoordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

"Kami terus berkoordinasi dengan para pengurus, perwakilan perusahaan PO di Kampung Rambutan, untuk tetap menyiapkan bus cadangan. Apabila kekurangan bus, mereka mengirimkan bus cadangannya," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August seperti dilansir Antara, Senin, 11 Juni 2018.


Emiral mengatakan pada H-5 Lebaran, sudah ada 29 bus bantuan yang diberangkatkan. Penyebabnya karena jumlah penumpang meningkat signifikan.

Bus cadangan tersebut mayoritas diberangkatan ke kota wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, seperti Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar, Wonosobo, Tegal dan Purwokerto, serta di Sumatera yakni Palembang.

Ada pun jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan pada Minggu atau H-5 Lebaran sejauh ini memang yang tertinggi sebanyak 15.184 orang. Jumlah ini meningkat signifikan dari hari-hari sebelumnya, yakni Jumat, 8 Juni atau H-7 sebanyak 8.744 penumpang dan Sabtu, 9 Juni atau H-6 sebanyak 13.734 penumpang.

Meski demikian untuk Senin ini, Emiral menyatakan belum ada permintaan untuk penambahan bus cadangan. Jadi sifatnya hanya akan berkordinasi dengan PO bus dan berjaga bilamana ada lonjakan mendadak.

Emiral menambahkan, jika bus cadangan yang disiapkan oleh pada PO juga tidak mencukupi, pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan bus pariwisata. "Kalau pun bus cadangannya habis juga, kita berkoordinasi dengan bus pariwisata untuk membantu mengangkut saudara-saudara kita yang mau mudik," pungkas Emiral.

Untuk diketahui pada angkutan mudik 2017, Terminal Kampung Rambutan memberangkatkan 105 bus bantuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.



(DEN)