Tak ada Konvoi Takbiran di Denpasar
Tiga anak membawa obor yang diiringi oleh ratusan warga lainnya ketika malam takbiran di Dusun Wanasari, Denpasar, Bali. (ANT/Nyoman Budhiana)
Denpasar: Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Denpasar, Bali, tak menggelar konvoi takbiran Idulfitri 1439 Hijriyah di Denpasar. Arus lalu lintas jadi pertimbangan. 

"Kami sepakat tidak takbiran, baik dengan sepeda motor maupun mobil," kata PHBI Denpasar, Haji Said Dudin di Denpasar, Kamis 14 Juni 2018.


Ia menambahkan, takbiran hanya dilakukan di masjid dan musala. Tapi, pelaksanaan obor keliling tetap bisa dilakukan oleh masyarakat muslim di Desa Kepaon, Denpasar Selatan. 

Pawai obor keliling desa dilakukan dengan berjalan kaki, mulai dari depan Masjid Al Muhajirin Kepaon. Pawai obor akan melibatkan warga sekitar. 

Sementara untuk keperluan salat Idulfitri, PHBI telah menyiapkan sekitar 22 lokasi. Di antarnaya di GOR Ngurah Rai Denpasar, lapangan Niti Mandala Renon, Lapangan Niti Praja Lumintang, kompleks perguruan Muhammadiyah  Denpasar dan lapangan Perumnas Monang-Maning Denpasar.

"Lapangan dan masjid-masjid besar yang dipersiapan untuk salat Idulfitri di Kota Denpasar sangat memadai, karena sebagian besar umat Islam mudik ke Jawa maupun daerah lainnya di Indonesia," ujarnya.



(LDS)