PMI Jakarta Pastikan Stok Darah Mencukupi
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyimpan kantong darah di lemari pendingin. Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Jakarta: Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Salimar Salim memastik stok darah aman selama Lebaran. Kekurangan hanya pada golongan tertentu.

"AB misalnya, karena AB itu populasinya cuma 6,7 persen yang punya. Masalahnya adalah ketika orang AB yang sakit," kata Salimar kepada Medcom.id, Kamis, 14 Juni 2018.


Salimar memastikan stok darah golongan O dan B mencukupi. PMI Jakarta memiliki sekitar 2900 kantung darah golongan itu.

Baca:Media Group Bantu Pasok Stok Darah

Ia menjelaskan, kebutuhan rutin darah di Jakarta antara 800 sampai 1000 kantong per hari. "Kebutuhan demikian banyak kan kita harus maksimal juga," katanya.

Ia juga mengklaim stok darah di sejumlah rumah sakit Jakarta masih mencukupi. PMI Jakarta selalu mengontrol bank darah di rumah sakit yang jadi binaan.
 
Salimar mengatakan, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta paling banyak membutuhkan stok darah. Sebab, RSCM jadi rumah sakit rujukan nasional.

"Kebutuhannya di RSCM bisa sampai 400-500 kantong darah per hari. Kita bantu bukan hanya orang Jakarta dari berbagai daerah juga di RS itu," ujarnya.

Selain RSCM, beberapa rumah sakit yang memiliki kebutuhan darah cukup banyak yakni RSPAD Gatot Subroto, dan Rumah Sakit Harapan Kita.



(FZN)