Satgas Pangan Jamin Sembako Aman Selama Ramadan
Pedagang bumbu dapur di Pasar Jepara Satu, Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
Jakarta:Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya menjamin kelancaran distribusi produk sembako selama bulan Ramadan, terutama 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018.

Untuk kelancaran distribusi pangan itu, Setyo mengaku telah melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan untuk memprioritaskan perjalanan truk-truk pengangkut sembako.


"Kami minta prioritaskan untuk truk-truk pengangkut sembako dan bahan makanan lain," kata Kepala Divisi Humas Polri itu di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu, 23 Mei 2018.

Menurut dia, kelancaran distribusi ini sangat penting guna menjamin ketersediaan sembako di pasar induk maupun di tingkat pedagang ritel. "Terlambat sedikit (distribusi) saja, pasti akan ada gejolak harga," ungkapnya.

Sementara itu, terkait kenaikan harga telur ayam, daging ayam dan daging sapi pada bulan Ramadan, Setyo mengatakan bahwa Satgas Pangan sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menetapkan harga acuan. Dengan demikian, ia mengharapkan tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan di pasar tradisional.

Baca: Syahrul Yasin Limpo Minta Pemerintah Perhatikan Harga Pangan

Sedangkan untuk beras dan minyak goreng, lanjut dia, pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) bagi pedagang-pedagang di pasar tradisional. Ia meyakini, Satgas Pangan terus melakukan operasi pasar guna memastikan distribusi sembako lancar dan mengawasi pedagang agar tidak menimbun stok sembako.

"Satgas daerah aktif mengecek ke gudang-gudang. Kami mengecek, melakukan pendekatan lunak agar pedagang memahami agar tidak melakukan penimbunan dalam suasana seperti ini (Ramadan). Ini untuk kepentingan rakyat," ujarnya.

Setyo mengatakan, mengenai kenaikan harga daging sapi yang mencapai Rp110.000 hingga Rp115.000 per kilogram di pasar, selain operasi pasar yang gencar dilakukan Satgas Pangan, pemerintah juga menawarkan alternatif daging murah dan sehat yakni daging kerbau beku dengan harga maksimal Rp80.000 per kilogram.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id