Tol Joker-Soker Diprediksi Kurangi Macet 70 Persen
Tol Jombang Mojokerto. (Medcom.id/Nurul H)
Jombang: Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang memprediksi kemacetan arus mudik Lebaran 2018 di Kabupaten Jombang akan berkurang 70 persen, karena Tol Jombang Mojokerto (Joker) yang disambung dengan Tol Solo Kertosono (Soker) telah beroperasi.

"Terutama untuk di wilayah perbatasan Jombang, Nganjuk, dan Kediri atau yang lebih dikenal dengan simpang Banjuri," kata Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Jombang Imam Sudjianto saat ditemui Medcom.id di kantornya, Selasa, 5 Juni 2018.


Ia menjelaskan, tol ini belum beroperasi secara penuh karena ada beberapa titik yang diberlakukan secara fungsional. Keberadaan Tol Joker dan Soker diprediksi mampu mengurangi kemacetan di kawasan Banjuri.

"Di beberapa titik jembatan yang belum tersambung sempurna, akan diberlakukan sistem fungsional, yakni beroperasi hanya satu arah dan pada siang hari saja, titiknya adalah di jembatan Afur dan jembatan Konto," imbuhnya. 

Ia mengimbau kepada pemudik untuk menggunakan akses jalan tol saat mudik. Karena mempercepat jarak tempuh dan menghemat waktu pemudik. 



(LDS)