42 Dus Kurma Impor Diamankan di Cirebon
Petugas sedang memeriksa kedaluwarsa makanan parsel. (Medcom.id/Ahmad Rofahan)
Cirebon: Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga kepolisian menyidak isi parsel Lebaran di sejumlah toko di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis 31 Mei 2018. 

Ada dua lokasi yang disidak petugas, yakni di Jalan Pekiringan dan Jalan Karanggetas Kota Cirebon. Dalam sidak tersebut, petugas menemukan makanan impor tanpa izin edar. 


"Kami menemukan kurma tanpa izin edar di dalam negeri," kata  Kepala Seksi Pelayanan Kefarmasian Alat Kesehatan Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Neneng, di Cirebon, Kamis 31 Mei 2018. 

Kurma tanpa izin edar itu ditemukan di salah satu toko di  Jalan Pekiringan sebanyak 42 dus. Dia mengatakan, kurma tanpa izin edar itu tidak ditarik dari peredaran. 

"Kita koordinasi dengan polisi untuk mengamankan dan dikembalikan  ke distributornya," jelasnya. 

Untuk makanan dan minuman seperti biskuit, sirup, kue kering, minuman kaleng, dan lainnya dinyatakan aman. Karena dari tanggal kedaluwarsa masih layak edar dan layak konsumsi.

“Kalau makanan dan minuman yang lain kita cek masa berlaku ada terdaftar di Badan POM. Yang lainnya tidak ada, cuma kurma itu saja,” ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk memastikan produk makanan atau minuman yang dibeli layak konsumsi. Masyarakat bisa mengecek melalui aplikasi Cek Pom. 

“Nanti diketik nomor registrasinya berapa nanti di situ akan keluar terdaftar dan masa berlakunya,” ungkpanya.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id