Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. DOK Kemenag
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. DOK Kemenag

Muncul Klaster Tarawih, Menag Minta Panduan Ibadah Ramadan Dipatuhi

Ramadan Virus Korona Satgas Covid-19 Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Fachri Audhia Hafiez • 06 Mei 2021 18:12
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) menyoroti munculnya klaster covid-19 saat salat tarawih. Masyarakat diminta mematuhi panduan ibadah Ramadan dan protokol kesehatan.
 
"Ini semua demi kemaslahatan bersama, agar setiap potensi penyebaran bisa diantisipasi dan diminimalisir," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulis, Kamis, 6 Mei 2021.
 
Yaqut memerintahkan jajarannya tak berhenti sosialisasi, edukasi, dan mengawasi kegiatan di rumah ibadah. Hal itu untuk memastikan panduan ibadah dilaksanakan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Serta berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, termasuk dengan aparat di wilayah masing-masing jika terdapat pelanggaran terhadap protokol kesehatan," ujar Yaqut.
 
(Baca: Simak, Ini Panduan Takbiran Hingga Salat Idulfitri di Masa Pandemi dari Menag)
 
Kemenag menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1442 H/2021 M. Edaran mengatur pengurus masjid atau musala dapat menyelenggarakan kegiatan dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas.
 
Pengelola juga mesti menjamin penerapan protokol kesehatan ketat selama salat. Kemudian, menjaga jarak dan setiap jemaah membawa perlengkapan salat masing-masing.
 
Sebelumnya, klaster tarawih terjadi di dua desa, Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede, Jawa Tengah. Puluhan orang terjangkit virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, tersebut. Mereka yang positif menjalani karantina di Balai Diklat Baturraden sejak 26 April 2021.
 

(REN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif