Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Masuk Jabodetabek, Pengendara Dari Daerah Akan Dites Covid-19 Secara Acak

Ramadan Mudik Lebaran polri Virus Korona pandemi covid-19 Ramadan 2021
Kautsar Widya Prabowo • 17 Mei 2021 02:16
Jakarta: Polisi akan memasang stiker khusus bagi pengendara dari daerah yang akan masuk ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Stiker tersebut akan ditempel ke kendaraan yang lolos pemeriksaan.
 
"Jika sudah diperiksa, maka akan ditempel stiker dengan barcode, sehingga tidak dapat dipalsukan," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, saat meninjau kilometer 34 Tol Cikampek, Minggu, 16 Mei 2021.
 
Fadil mengatakan kendaraan yang kedapatan tidak ada stiker khusus akan dilakukan pemeriksaan covid-19 secara acak. Pemeriksaan ini untuk mencegah penularan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kalau isinya lima orang, nanti dua orang kita periksa, kalau dia ada yang reaktif, semuanya akan kita bawa ke Wisma Atlet," jelasnya.
 
Baca: Warga Sawah Besar Tolak Pemudik yang Kembali Tanpa Surat Bebas Covid-19
 
Dia menyampaikan seluruh penumpang dalam satu kendaraan dengan penumpang reaktif harus dilakukan tes polymerase chain reaction (PCR) di Wisma Atlet. Perawatan lebih lanjut akan dilakukan terhadap penumpang yang dipastikan terinfeksi covid-19.
 
Jenderal bintang dua itu meminta masyarakat yang akan masuk ke wilayah Jabodetabek menyiapkan surat bebas covid-19. Tindakan tegas akan dilakukan terhadap masyarakat yang kedapatan memalsukan surat covid-19.
 
"Kita sudah membentuk tim untuk memeriksa apakah itu pemalsuan atau tidak, jika ada pemalsuan kita akan proses dengan tindak pidana pemalsuan surat," tegasnya.
 

(AZF)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif