Hari Ini Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Makassar
Antrean penumpang naik ke kapal di Pelabuhan Makassar, Selasa pagi. (Foto: Andi Aan)
Makassar:Puncak arus mudik Lebaran di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, diprediksi hari ini, Selasa, 12 Juni 2018. General Manager PT Pelindo IV Aris Tunru mengungkapkan jumlah penumpang bakal membeludak seiring enam kapal yang datang dan berangkat lewat pelabuhan Makassar hari ini.

Kapal motor penumpang yang sandar yakni KM Tidar, KM Sinabung, KM Loro Londa, KM Bukit Siguntang, KM Gunung Dempo, dan KM Lambelo. 


Dua kapal berangkat pagi hari tadi, yakni KM Tidar dan KM Sinabung tujuan Surabaya. Satu kapal lainnya, yakni KM Doro Londa tujuan Surabaya bersiap berangkat. 

Dari tiga kapal ini, total penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar berjumlah 9.444 orang. Terdiri atas 5.188 penumpang naik dan yang turun 4.256 penumpang.

"Diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat mengingat rencananya masih ada tiga kapal lain yang akan datang maupun berangkat hari ini," kata Aris di Makassar, Selasa siang.

Pada petang hingga malam ini tiga kapal lain dijadwalkan sandar dan berangkat dari Pelabuhan Makassar. Masing-masing KM Bukit Siguntang ke Maumere, KM Gunung Dempo menuju Surabaya, serta KM Lambelu tujuan Baubau.

Terminal Pelabuhan Makassar kini dipadati penumpang yang menunggu jadwal pemberangkatan. Pada subuh tadi, sebagian di antara mereka sudah berdesak-desakan naik ke kapal.

"Sejak H-15 hingga H-3 lebaran, total pergerakan penumpang yang keluar-masuk Pelabuhan Makassar sekitar 21.487 orang. Kemungkinan masih akan terus bertambah," ujar Aris.

Pelabuhan Makassar dipastikan siap menghadapi lonjakan penumpang selama masa mudik Lebaran 2018. Terminal yang rampung direnovasi sejak tahun lalu telah dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang.

Pelabuhan menampung penumpang pada gedung terminal utama Anging Mammiri. Gedung ini dilengkapi travelator atau lantai berjalan yang tersambung ke kapal melalui garbarata. Terminal juga terhubung dengan terminal khusus untuk pedagang kaki lima. 

Aris menyebutkan, di Terminal Anging Mammiri, terdapat kursi tunggu, ruang kesehatan, wifi, dan ruang menyusui. Juga tersedia fasilitas difabel, pengisi daya telepon, toilet, ruang salat, anjungan air siap minum, ruang membaca, dan ruang bermain anak.

Untuk menjamin keamanan,  Pelindo IV berkoordinasi dengan seluruh stakeholder Pelabuhan Makassar dengan membentuk posko Lebaran efektif. Posko bakal diberlakukan antara H-15 sampai dengan H+15 Idulfitri.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id