Masjid Istiqlal Jakarta. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Masjid Istiqlal Jakarta. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Masjid Istiqlal Siap Tampung 200 Ribu Jemaah Salat Idulfitri

Ramadan hari raya idul fitri
Kautsar Widya Prabowo • 03 Juni 2019 13:40
Jakarta: Masjid Istiqlal siap menampung ratusan ribu masyarakat yang akan menjalani ibadah salat Idulfitri 1440 H. Sejumlah sarana dan prasarana disiapkan mendukung hal itu.
 
"Kami (Masjid Istiqlal menampung) 150 ribu sampai dengan 200 ribu orang," kata Kepala bagian Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin, 3 Juni 2019.
 
Masjid Istiqlal akan menyiapkan pintu khusus jemaah laki-laki dan perempuan. Hanya saja, Masjid Istiqlal belum menentukan pintu yang akan dilewati itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti ada petugas, pintu ini khusus cewek, ini laki-laki, begitu di teras atas diarahkan juga, nanti kami pasang petunjuk di pintu-pintu ada juga namanya petugas shaf," tuturnya.
 
Masyarakat diimbau datang lebih awal dari waktu pelaksanaan salat Idulfitri yang dijadwalkan pukul 07.00 WIB. Para jemaah tak kesulitan mencari shaf kosong dan tempat parkir kendaraan.
 
Baca: Jemaah An-Nadzir Gowa Rayakan Idulfitri Hari Ini
 
"Mengantisipasi lebih awal, salat subuh kalau niat lebaran di Isitqlal, kalau datang setelah salat subuh yang jelas parkirnya agak jauh, di Hotel Borobudur atau Lapangan Banteng," jelas Abu.
 
Masjid Istiqlal juga siap menerima kedatangan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, menteri Kabinet Kerja, dan perwakilan negara sahabat. Meski belum ada informasi tamu VVIP tersebut menunaikan salat di Masjid Istiqlal.
 
"Belum ada berita mengenai Pak Presiden RI 1 akan salat di Istiqlal, tapi kami disuruh siap-siap, sifatnya sama beliau (Presiden) salat di sini atau tidak, persiapan tidak ada yang beda," pungkasnya.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif