Terminal Lebak Bulus Bersiap Jelang Mudik Lebaran 2018
Ilustrasi. Pemudik membawa barang bawaan saat mudik gratis program Kementerian Perhubungan di Terminal Giwangan, DI Yogyakarta, Sabtu (1/7). Foto: Antara/Hendra Nurdiansyah
Jakarta: Terminal Lebak Bulus bersiap jelang musim mudik lebaran 2018. Terminal di selatan Jakarta itu bakal menjadi salah satu terminal bantuan pada mudik lebaran kali ini. 

"Persiapannya sudah berjalan secara reguler, mengacu pada SK yang dikeluarkan menteri," kata Staf Tata Usaha Dishub, Hilmasyah kepada Medcom.id, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis, 31 Mei 2018.


Persiapan tersebut dilakukan guna mengantisipasi peningkatan jumlah bus tiba dan berangkat, serta lonjakan penumpang, yang kerap terjadi saat musim mudik lebaran. Sejauh ini, persiapan dilakukan sampai pada tahap koordinasi dengan seluruh dinas dan instansi yang terlibat dalam persiapan mudik Lebaran.

Nantinya, akan ada posko kesehatan yang bekerja sama dengan BNNK untuk melakukan pengecekan tensi darah dan tes urin pengemudi AKAP. 

"Apabila ditemukan (pengemudi) yang tidak bebas narkoba dan dalam pengaruh alkohol, maka akan kami amankan dan pengemudi tersebut tidak diperbolehkan mengemudi," ujar Hilmansyah.

Baca: Bus dan Sopir Terminal Depok Dicek Kelaikan Jelang Mudik

Posko kesehatan tahun ini juga diperuntukan bagi pelayanan kesehatan penumpang yang menunggu armada bus. Posko kesehatan akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Polsek Jagarsa, dan Puskesmas setempat. 

Selain menyiagakan posko kesehatan, Dishub memberi waktu bagi armada bus untuk membenahi kendaraan mereka hingga delapan hari sebelum Lebaran. Bila pada H-8 Lebaran masih ditemukan yang tidak lolos ramp check, maka bus tidak diizinkan untuk beroperasi.

Nantinya, ramp check akan dilakukan setiap hari guna meminimalisasi risiko kecelakaan.
Untuk fasilitas pendukung, Dishub sudah menyiapakan tiga tambahan toilet kontainer, dan juga musala yang dibangun bekerja sama dengan warga. (Edra Pramaskara)



(DMR)