Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

MUI Imbau Khatib Idulfitri Doakan Kedamaian Bangsa

Ramadan Ramadan 2019
Indriyani Astuti • 04 Juni 2019 12:14
Jakarta: Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengimbau khatib Idulfitri menyelipkan doa untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa. Tujuannya, agar Indonesia tetap aman, nyaman, dan jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan.
 
MUI juga ingin para khatib mendoakan para pemimpin bangsa diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Kemudian, para elite diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan.
 
"Hakikat Idulfitri ialah kesediaan kita untuk berbagi, berbagi permaafan sebelum orang memintanya. Saling memaafkan kunci untuk merajut tali silaturahmi," ujar Niam di Jakarta, Selasa, 4 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Niam menjelaskan hakikat silaturahmi ialah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus, baik karena jarak, kesalahpahaman, pemilu, atau pun lainnya.
 
"Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati, tanpa iri dan caci maki," ucapnya.
 
MUI meminta umat Islam untuk memperkokoh persaudaraan sesama umat (ukhuwah islamiyah), persaudaraan sebangsa (ukhuwah wathaniyyah), maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwah insaniyah). Jangan sampai ada lagi sekat yang memisahkan, terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu.
 
"Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pada kondisi yang sama," tutur Niam.
 
Bagi Muslim yang sedang berlibur di tempat wisata dan sanak keluarga, MUI mengimbau agar tetap menjaga ketentuan agama. Dia meminta semua kewajibannya tidak ditinggalkan seperti salat, serta menghindarkan diri dari hal yang dilarang.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif