Ilustrasi salat Idulfitri/ANT
Ilustrasi salat Idulfitri/ANT

Survei: 94 Persen Masyarakat Bakal Salat Idulfitri di Masjid

Ramadan survei Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan Idulfitri 2021 Lebaran 2021 Kemenag
Nur Azizah • 07 Mei 2021 12:04
Jakarta: Sebanyak 94,18 persen masyarakat Indonesia berpotensi melaksanakan salat Idulfitri 2021 di masjid dan lapangan. Data ini berdasarkan survei Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama yang diselenggarakanonlinepada periode 26-30 April 2021.
 
Peneliti Madya pada Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Akmal Salim mengatakan berdasarkan hasil survei, masyarakat akan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sementara itu, 18,63 persen berencana mudik.
 
"Lalu, sebanyak 86,54 persen masyarakat mengaku akan bersilaturahmi viavideo call,” ujar Akmal melalui keterangan tertulis, Jumat, 7 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, sebanyak 97,09 persen masyarakat mengaku pandemi tak menganggu ibadah puasa. Mereka juga masih bisa salat tarawih di masjid maupun musala.
 
"Namun, persentasenya masih lebih tinggi yang salat tarawih di rumah, yakni 62,59 persen," ucap Akmal.
 
Baca: Simak, Ini Panduan Takbiran Hingga Salat Idulfitri di Masa Pandemi dari Menag
 
Meski masih banyak masyarakat yang menjalankan ibadah di luar rumah, mereka mengaku tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi covid-19 dengan presentase88,6 persen. Mayoritas jemaah tetap mengenakan masker dan menjaga jarak.
 
"Secara umum, responden mematuhi 5M, hanya saja agak kurang dalam menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” lanjut Akmal.
 
Survei dilakukan menggunakan metodeaccidental sampling(non-inferensial). Survei melibatkan 2.012 responden yang tersebar di 34 provinsi.
 
Kondisi ini sebangun dengan komposisi muslim Indonesia. Sebanyak 48 persen responden berusia 26-55 tahun dan 34 persen usia 40-55 tahun, umumnya pengguna medsos.
 
"Dari hasil analisis-silang, diketahui semakin muda usia responden, semakin abai prokes 5M. Selain itu, penerapan prokes semakin longgar pada responden di zona hijau," ucap dia.
 

(OJE)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif