9 Ribu Pasukan Oranye Bersiaga saat Lebaran
Sejumlah petugas dari Suku Dinas Kebersihan menyapu jalan inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur. Foto: Antara/Syailendra Hafiz.
Jakarta:Petugas kebersihan atau biasa disebut dengan pasukan oranye dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta tetap disiagakan saat Idulfitri 1439 Hijriah. Sekitar 9 ribu personel tetap bertugas saat Lebaran.

“Di Dinas Lingkungan Hidup, pasukan oranye ada 10 ribu orang dan hanya sekitar 10 persen petugas yang mudik pada Lebaran kali ini. Sisanya tetap bertugas,” kata Kepala DLH DKI Isnawa Adji kepada Medcom.id di Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juni 2018.


Isnawa mengaku tak melarang pasukan oranye untuk cuti Lebaran. Pasalnya, saat libur Lebaran, timbunan sampah sedikit menurun."Hanya menumpuk di tempat-tempat tertentu saja, seperti di lokasi digelarnya salat Id dan tempat wisata."

Sementara itu, sebelum musim mudik, Isnawa sudah lebih dulu mendata jumlah personel. Ia tak mau ada kekosongan pasukan. “Namun, khusus wilayah Jakarta Pusat pada hari H semua petugas disiagakan karena merupakan kawasan ring 1."

Baca:Anies Dijadwalkan Salat Id di Istiqlal

Isnawa juga membuat jadwal piket para pejabat selama libur Lebaran. Ini untuk memastikan penanganan kebersihan di darat, badan air, dan tempat pengolahan sampah tetap optimal. 

Selain kesiapan pasukan oranye, DLH juga sudah menyiapkan bagian pendukung operasional. Unit storingkendaraan dan petugas bengkel juga tetap bertugas.

"Ini untuk memantau kondisi di lapangan melalui Command Center sehingga pengendalian penanganan sampah Ibu Kota tetap berjalan dan terpantau," pungkas dia.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id