Sandi Pantau Harga Cabai
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta:Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan harga bahan pokok tetap terjangkau menjelang Lebaran. Dia menyebut beberapa komoditas menjadi perhatiannya.

"Seperti cabai, khususnya cabai keriting cabai merah keriting dan juga tadi daging ayam yang sedikit naik harganya untuk memantau kestabilan harga pangan," kata Sandiaga saat berkunjung ke Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Senin, 11 Juni 2018.


Saat ini, kata dia, harga komoditas-komoditas terpantau stabil. Untuk menjaga hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan.

"Kita harapkan dalam beberapa hari ke depan jelang lebaran bisa ditambah suplainya, distribusinya diperlancar. Saya akan koordinasi nanti dengan Menteri Perdagangan (Enggartiasto Lukita) dan teman-teman pengepul maupun juga pemasok. Kita ingin harga-harga stabil ke depan," imbuh dia.

Dalam kunjungan, Sandiaga juga menemukan lonjakan harga daging. Namun demikian, kenaikan masih dalam batas wajar, terutama jika dibandingkan fluktuasi harga pada tahun sebelumnya.

Baca:Solo Gelar Operasi Pasar Kendalikan Harga Daging Ayam

Ia menuturkan kenaikan harga bukan dikarenakan kelangkaan persediaan atau distribusi yang terhambat. Hal itu disebabkan banyak pedagang yang memanfaatkan momen Lebaran untuk mencari untung. Sandiaga ingin mengubah pola pikir itu karena tak ada urgensi untuk menaikkan harga.

"Ini yang kita ingin ubah perilaku dari pedagang dan pembeli juga bahwa dengan suplai cukup distribusi lancar terbuka berkeadilan kita mestinya tidak mengalami fluktuasi harga di jelang Lebaran," tekan Sandiaga.



(OGI)